Tanah Datar-sumateraline. Com (10 Juni 2023) 

Festival Balerong Sari, Mairiak Padi Salibu dalam rangka memeriahkan Satu Nagari Satu Event serta acara Batagak Gala yang dilaksanakan di Balerong Sari Nagari Tabek Kecamatan Pariangan di buka secara resmi oleh Bupati Tanah Datar Eka Putra Sabtu (10/6) 
Ketua panitia pelaksana Desrio Nando dalam laporannya menyampaikan, festival ini berlangsung dari tanggal 10-12 Juni 2023. Festival ini bertujuan memperkenalkan, mengajak dan memperlihatkan kepada masyarakat Tanah Datar tentang potensi pariwisata dan budaya Nagari Tabek.

Kami juga akan memperkenalkan nagari Tabek sebagai nagari Makan Bajamba di Balairung Sari sekaligus memperkenalkan nagari asalnya teknologi Salibu yang lebih dikenal dengan Kampung Salibu, yang juga di meriahkan dengan kegiatan kesenian, kuliner dan hiburan.

Sementara itu Wali Nagari Tabek Risfel Murni Noerdin, menyampaikan Satu Nagari Satu Event ini, adanya kelanjutan dan kesinabungan kegiatan, baik itu kegiatan Satu Event maupun kepariwisataan bisa berlanjut, mudah-mudahan  dalam momentum ini kami berharap Nagari Tabek dapat mengikuti makan bajamba se-Dunia. 

"Pada kegiatan Satu Nagari Satu Event ini kami juga akan melaksanakan acara batagak kala, acara ini kita laksanakan selama 3 hari dan dimeriahak atraksi anak Nagari di akhir malamnya dengan kesenian tradisional Selawat Dulang, " Kata Wali Nagari. 

Adapun yang kami harapkan kepada pemerintah Daerah selain untuk pembangunan pentas terapung ini, kami juga ingin melestarikan kesenian tradisional agar generasi muda memgetahui apa yang telah diwariskan orang tua-tua dulu, serta memperdayakan dan memperlihatkan bagai mana prosesi batagak gala yang dimulai dari adatnya berpakaian dan arak-arakan sampai pitatah petitih dan pemasangan saluak Niniak Mamak, ujarnya. 

Disambutan itu, Bupati Tanah Datar Eka Putra,  menyampaikam apresiasi tertinggi kepada semua panitia pelaksana dam masyarakat yang telah bekerja keras guna mensukseskan Festival Balairung Sari sehingga gaungnya sampai ke perantauan dan semoga dengan festival ini semakin memperkuat silaturahmi masyarakat dan juga meningkatkan promosi wisata Tanah Datar.

“Terima kasih dan apresiasi kepada panitia dan seluruh yang terlibat, semoga apa yang telah diberikan menjadi amal saleh dan dibalas dengan pahala yang setimpal", ungkapnya.

Eka Putra juga  sampaikan melalui pelaksanaan Satu Nagari Satu Event seperti ini kita bisa saksikan berbagai keunikan dan kearifan lokal salah satunya adalah dalam prosesi Batagak Penghulu yang dilakukan sesuai adat salingka nagari.

Selain itu, kata Bupati, nagari Tabek memiliki potensi wisata budaya spesifik yang sudah sangat terkenal diantaranya memilki bai adat yang sudah berusia 350 tahun tapi belum dikelola dan belum dikembangkan dengan baik. 

Pengelolaan potensi wisata di sini tidak bisa sendiri, untuk itu Pemerintah Tanah Datar turun langsung dengan membentuk Pokdarwis yang sudah kita latih 4 hari yang lalu.Semoga Pokdarwis mampu berinovasi dan lebih kreatif, contohnya dengan membuat paket wisata dan lain lain.

“Satu Nagari Satu Event juga akan melahirkan multiplayer efek ekonomi seperti Kuliner, transportasi Homestay ,kerajinan rakyat dan sanggar- sanggar kesenian anak nagari yang semuanya akan menggeliat dan bermuara pada peningkatan ekonomi masyarakat” terang Bupati.

Di akhir arahan Bupati sampaikan ucapan selamat kepada penghulu yang di kukuhkan semoga amanah membimbing kaum dan kemenakan serta menobatkan nagari Tabek sebagai nagari Salibu dan Makan Bajamba sedunia, ucapnya. (*/007-n) 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top