Peningkatan Jaringan Irigasi D.I Aie Busuk Upaya Pemerintah Dalam Tingkatan Ekonomi Serta Kesejahteraan Masyarakat 

Kabupaten Sijunjung-sumateraline.com Dalam rangka mendukung program kedaulatan pangan sebagai upaya peningkatan kemampuan ekonomi serta kesejahteraan masyarakat, kegiatan Program Percepatan Peningkatan tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) sebagai kegiatan Padat karya pemerintah yang dalam hal ini Kementrian PUPR melalui Balai  Wilayah Sungai Sumatera V terus ditingkatkan.

P3-TGAI merupakan kegiatan padat karya irigasi yang pekerjaannya meliputi persiapan, perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi agar memperhatikan kebutuhan masyarakat, Kegiatan P3-TGAI yang meliputi kegiatan perbaikan jaringan irigasi, rehabilitasi jaringan irigasi dan peningkatan jaringan irigasi bertujuan untuk meningkatkan kinerja layanan irigasi, dan tentunya sebagai solusi peningkatan ekonomi masyarakat.

Salah Sorang masyarakat yang  petani sawah Andre (49) sembari istirahat siang mengatakan kepada awak media Minggu, (11/06), Harapan saya masyarakat yang menikmati manfaat bantuan secara langsung khususnya Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) D.I  Aie Busuak, Kami merasa terbantu oleh pemerintah dalam hal ini telah melaksanakan kegiatan pengelolaan dan pemeliharaan jaringan irigasi, agar optimal serta meningkatkan produktivitas.

Dengan di bangunnya jaringan irigasi ini sangat membantu kebutuhan air bagi petani, karena kebocoran air akibat rembesan membatu ketersediaan air yang cukup bagi petani, selain itu dengan adanya program P3TGAI ini juga tercipta adanya pemberdayaan bagi petani, tandasnya.

Terpisah, salah seorang tokoh masyarakat setempat Mak Yan juga mengatakan, dengan adanya program P3TGAI ini banyak sekali manfaatnya yang di rasakan oleh para petani khususnya di Plangki , Kabupaten Sijunjung, Sumbar dan umumnya Se Indonesia, dimana saluran tersier sudah tertata dengan rapi.

Kegiatan P3-TGAI yang meliputi kegiatan perbaikan jaringan irigasi, rehabilitasi jaringan irigasi dan peningkatan jaringan irigasi ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja layanan irigasi, dan tentunya juga sebagai solusi peningkatan ekonomi masyarakat, pungkasnya.

Menurut dia, Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3TGAI)  suatu program yang banyak di rasakan oleh petani pemakai air, paparnya.

Sementara Aditya Sidiq Waskito sebagai Ka Satker OPSDA BWSS mengungkapkan, prinsip kegiatan P3-TGAI adalah partisipatif, transparansi, akuntabilitas dan berkesinambungan dan dapat memberikan manfaat langsung kepada masyarakat petani dan dapat dikembangkan oleh P3A (Perkumpulan Petani Pemakai Air).

Selain itu, penerima kegiatan P3-TGAI adalah P3A yang sudah berbadan hukum, sudah disahkan dengan keputusan kepala daerah, memiliki akta notaris. Hal yang perlu diperhatikan dalam P3-TGAI  tidak boleh melakukan Korupsi, Kolusi dan Nepotisme, dan akan dikenakan sanksi jika P3A melanggar pakta integritas tersebut, imbuhnya.(SRP)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top