Tanah Datar-sumateraline. Com (17 Junj 2023) 

Sumpah Sati Bukik Marapalam dalam rangka sukseskan Satu Nagari Satau Event di objek wisata Puncak Pato, Nagari Batu Bulek Kecamatan Lintau Buo Utara secara resmi dibuka oleh Bupati Eka Putra, SE. MM yang dihadiri tokoh perantau se nusantara dan tamu-tamu penting dari Jakarta, Sabtu (17/6). 

Pada sambutannya Bupati Eka Putra, menyampaikan apresiasi kepada seluruh panitia dan masyarakat Lintau Buo Utara yang telah bekerja siang malam  untuk kesuksesan acara ini dan berpartisipasi aktif sehingga acara ini berlangsung sukses.

"Gaung Festival ini sudah berkembang ke seluruh pelosok negeri. Ini dibuktikan dengan kehadiran tokoh- tokoh nasional seperti, Prof.Refly Harun, Bachtiar Chamsyah, Jendral Gatot Nurmantyo, Kapten Ruslan Buton, Profesor Hafiz Abbas, Fauzi Bahar, Kolonel  Kelly Jr dan Ketua Ikatan perantauan Lintau Buo Utara se-Nusantara. Hadir juga Bupati Tanah Datar periode 2005-2010 M.Shadiq Pasadigoe, Bupati sisa jabatan 2020-2021 Zuldafri Darma, Forkopimda, para pejabat vertikal, Kepala BUMN/BUMD, Pimpinann OPD dan undangan lainnya" ujar Bupati.

Lebih lanjut Eka Putra menyampaikan bahwa Festival Sumpah Sati Bukik Marapalam tidak hanya menyajikan pesona dan keindahan alam tetapi juga menampilkan kesenian, kuliner, adat, budaya khas dan juga produk produk unggulan Lintau Buo Utara. 

Bupati juga berharap melalui Festival ini mampu untuk lebih menggali, mengembangkan, dan mempromosikan budaya yang bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat Tanah Datar. 

Sebelumnya Wali Nagari Batu Bulek Andi Musda dalam laporannya menyampaikan Festival Sumpah Sati Bukik Marapalam ini merupakan bentuk dukungan pemerintahan nagari Batu Bulek serta masyarakat Lintau Buo Utara dalam mensukseskan Program Unggulan Satu Nagari Satu Event.
 
'"Tema ini diambil untuk mengingatkan kembali bahwa disinilah tempat diikrarkannya Sumpah Sati atau dikatakannya Filosofi orang Minang yaitu Adat Basandi Syara, Syara Basandi Kitabullah" ulas Andi.

Wali Nagari juga menjelaskan bahwa pendanaan acara ini bersumber dari APBD dan juga Dana Desa/ Nagari. Terakhir Wali Nagari mengucapkan terimakasih dan apresiasi yang tinggi kepada seluruh panitia dan masyarakat yang telah mendukung acara ini.

Hal yang sama juga dikatakan salah seorang tokoh masyarakat Drs. H. Darius Dt. Bandaro Putiah menyampaikan ucapan terimakasih kepada pemerintah Daerah, dengan adanya kegiatan Satu Nagari Satu Event ini bisa membangkitkan ekonomi masyarakat yang ada di Puncak Pato terutama sekali masyarakat Nagari Batu Bulek. 

"Kegiatan Satu Event Satu Nagari ini jangan sampai disini saja kalau bisa berkelanjutan, tempat ini perlu dibenahi WC umum ditambah harus di jaga kebersihan bagi pedangang jangan terlalu mahal menjual dagangannya, sambut tamu dengan ramah supaya tamu merasa nyaman berkunjung kesini,"ujarnya. 

Sebagai tokoh masyarakat kita akan selalu mensupport dan membantu kegiatan seperti ini, kata H. Darius Dt. Bandaro Putiah yang juga Balon Anggota DPRD Tanah Datar setelah pembukaan Satu Nagari Satu Event Puncak Pato. (007-) 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top