Mentawai - Pj.Bupati Kepulauan Mentawai Fernando Jongguran Simanjuntak beserta jajaran menerima kunjungan kerja Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam rangka meninjau Bandar Udara Mentawai yang akan segera diresmikan Presiden Jokowi, Minggu (13/8/2023).

“Saya menjalankan arahan Bapak Presiden Joko Widodo untuk mengawal kegiatan konektivitas khususnya di daerah 3TP seperti Mentawai terjaga dengan baik. Tidak hanya selesai membangun infrastrukturnya, tetapi memastikan dapat dimanfaatkan dengan baik. Saya sudah 3 kali datang ke sini dari sebelum dibangun , sedang dibangun, dan sekarang ini, untuk mengawal ini dengan maksimal,” ujar Menhub.

Menteri Perhubungan juga berpesan kepada Pj.Bupati agar aktif membuat event memanfaatkan bandara yang sudah bagus.

“Harus meng-create kegiatan tertentu yang membuat daerah ini menjadi destinasi wisata,” kata Menteri Perhubungan  Budi Karya Sumadi di Rokot.

Menhub juga mengungkapkan, Bandara Udara Mentawai baru saja di selesaikan dan sedang menunggu proses penerbitan Sertifikat Bandar Udara. Bandara baru ini siap dioperasikan tahun ini.” Kemungkinan bulan depan bapak Presiden akan datang ke sini,”Ucap Menhub.

Bandara Mentawai yang baru memiliki panjang runway 1.500 x 30 meter, sehingga dapat dilandasi pesawat yang lebih besar yaitu ATR 72-600 berkapastitas maksimal 78 Penumpang . sebelumnya bandara yang lama hanya bisa dilandasi pesawat Cessna Grand caravan berkapasitas 12 orang dengan panjang runway 850 x 23 meter.

Dengan Kapasitas pesawat yang meningkat dari 12 menjadi 78 orang per sekali terbang, Menhub berharap kehadiran bandara baru dapat meningkatkan jumlah pengunjung, khususnya wisatawan untuk datang ke Mentawai.

“Selain daerah terluar, Mentawai juga merupakan daerah tujuan wisata dan terkenal dengan ombak yang diburu para penggemar olah raga surfing ( Selancar ). Jadi permintaan penerbangan pun cukup tinggi,”tuturnya.

Pada kesempatan ini juga Penjabat Bupati Fernando Jongguran Simanjuntak merasa senang dengan kunjungan Kemenhub untuk bersama-sama mengecek bandara baru.

“ kami yakin kehadiran bandara ini bisa mendongkrak tingkat kunjungan ke Kepulauan Mentawai, khususnya kedatangan Domestik . harapannya juga bukan saja sektor pariwisata , tapi sektor - sektor lain seperti UMKM nanti juga akan ikut tumbuh di kepulauan Mentawai,” Tutur Pj,Bupati Fernando.

Turut hadir dalam peninjauan ini, Dirjen Perhubungan Udara Maria Kristi Endah, dan Direktur Bandar Udara  Syamsu Rizal.(***)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top