Tanah Datar-sumateraline. Com (01 Agustus 2023) 

Musyawarah Nagari (Musna) Nagari Sumanik Prioritas kan Pembangunan Irigasi dan ke Agamaan disamping usulan strategis menjaga kekompakan di Nagari Sumanik Kecamatan Salimpaung Selasa (01/8) 
Wali Nagari Sumanik Irama Yadi, dalam sambutannya menyampaikan,  hari ini kita melaksanakan Musyawarah Nagari (Musna) Nagari dalam rangka Perencanaan Pembangunan Nagari Sumanik untuk Tahun 2024-2025.

Mudah-mudahan hari ini akan lahir pemikiran, gagasan dan Masukan-masukan agar terlaksananya pembangunan di Nagari Sumanik untuk masa Datang, yang akan dimasukan dalam RKP Nagari Tahun 2024.

Pada Musna hari ini yang perlu kita usulkan apa yang paling dibutuhkan bersama, bukan kebutuhan suatu kelompok. "Sekarang kita akan melakukan Pemilihan Wali Nagari dan Pemilihan Legislatif, untuk itu kita berharap satukanl suara jangan sampai terpecah pecah, kita jaga kekompakan di Nagari Sumanik, itulah yang paling di prioritas pada Musna sekarang , "ucap Wali Nagari. 

Ketua Tim Fasilitasi Kabupaten Arizanur, dalam arahannya
menyampaikan Musna Nagari
merupakan agenda rutin BPRN difasilitasi pemerintah nagari. Sebagaimana yang telah diatur dalam peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 114 tahun 2014 tentang pembangunan desa.

Sementara untuk penyusunan RPJM ( Rencana Kerja Jangka Menengah) dan RKP ( Rencana Kerja Pembangunan) diatur dengan peraturan Bupati Tanah Datar nomor 23 tahun 2019 tentang petunjuk tekhnis penyusunan RPJM Nagari dan RKP.

"Musyawarah nagari berfungsi untuk menyepakati hal-hal yang bersifat strategis. Hasil Musna menjadi pedoman bagi pemerintah nagari dalam menyusun RKP dan DURKP. Dalam Musna membahas hal- hal antara lain mencermati ulang dokumen, membentuk tim verifikasi" Ucap Arizanur. 

Di sambutannya Anton Yondra Wakil Ketua DPRD Tanah Datar menyampaikan, hampiri setiap hari di Daerah pemilihannya Dapil IV berlansung kegiatan Musyawarah Nagari, seperti Kecamatan Tanjung Baru, Salimpaung, Sungai Tarab dan Sungayang, ke Nagari Sumanik saya sempatkan juga untuk hadir.

Walupun dulu saya hanya memperoleh suara tujuh tapi saya akan tetap kesini karena sudah mempunyai hubungan disini dan ada janji yang harus ditepati, kita tidak mau janji tinggal janji setelah terpilih lupa semua, sudah banyak Dana Pokok Pikir (Pokir) yang saya alokasikan kesini coba tanya kepada Wali Nagari, 

"Itulah perlunya mempunyai perwakilan di DPRD selain APBD Pemda itu terbatas kita bisa sampaikan ke anggota DPRD yang mewakili, karena dana banyak yang akan mereka bagikan untuk pembangunan di Dapil masing-masing, untuk itu di Pileg nanti saya berharap pilihlah yang bisa berbuat bukan hanya janji janji," Kata Anton Yondra. 

Musyawarah Nagari di buka oleh Ketua BPRN Ismet, SE  dihadiri Katua Tim Fasilitasi Kabupaten Erizanur, OPD terkait, Wakil Ketua DPRD Tanah Datar Anton Yondra,SE. MM, Forkopinca, Camat Salimpaung Khairunas, S.S.TP Kapolsek Salimpaung AKP M. RACHMAD ZEN, PLH Danramil 09 Serma Sawaludin dan Babinsa Serda Afdhil Tsani, Kepala Jorong se-Nagari Sumanik, KAN dan undangan lainnya. (007-n) 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top