Tanah Datar-sumateraline. Com (02 September 2023) 

Alek Nagari Seribu Siya (Seribu Rantang) dalam menyukseskan Program Pemerintah Daerah. Satu Event Satu Nagari yang diselenggarakan di Talago Biru Nagari Atar bisa menghidupkan  ekonomi masyarakat, terutama sekali bagi para Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Nagari Atar. 

Hal ini disampaikan Anggota DPRD Provinsi Ir. H Arkadius Dr. Intan Bano pada Alek Nagari Seribu Siya dalam Satu Event Satu Nagari yang dilaksanakan di Talago Biru Nagari Atar Kecamatan Padang Gantiang Kabupaten Tanah Datar Sabtu (02/9) 

Program Alek Nagari Seribu Siya ini terlihat masyarakat kita, biar dalam kegembiraan atau kematian memang masyarakat kita membawa Siya (Rantang) ketempat Mamak, tempat bisan  atau ke tempat saudara yang sekarang sudah mulai hilang. 

"Saya sebagai Ketua Lembaga Kerapatan Adat Minangkabau (LKAM) Provinsi Sumatera Barat dan juga sebagai Dewan pembina Adat dan Syarak LKAM Tanah Datar, kita tidak melihat lagi masyarakat membawa Sia seperti yang kita lihat sekarang ini, " Ucapnya. 

Apakah itu dalam tatanan Baralek (Pesta) mengantar atau menjemput, termasuk juga untuk mengantarkan berbuka Puasa ini tidak ada lagi, dengan adanya program Seribu Sia ini Mudah-mudahan kedepan membawa Sia ini bisa berkembang kembali. 

"Kita berharap untuk Event selanjutnya bukan Seribu Siya saja lebih bagus ditambah dengan Pawai Seribu mesin Fotocopy, karena di Sumbar satu satunya Nagari yang paling banyak masyarakat nya bergerak di bidang Fotocopy, inilah yang akan di tonjolkan, " Ujar Arkadius Dt Intan Bano. 

Terkait dengan masalah Talago Biru, Arkadius katakan sebelumnya dana Pokir sudah saya anggarkan untuk Telaga Biru ini tetapi karena belum ada kelanjutan kepengurusnya saya tarek dulu, kalau memang perlu tahun depan kita anggarkan kembali, tambahnya.(007-n) 


0 komentar:

Posting Komentar

 
Top