Tanah Datar-sumateraline. Com (19 Oktober 2923) 

Perencanaan di nagari yang di awali dengan musyawarah di Jorong, Musna Nagari, sudah di susun melalui RKP 2024 DURKP 2025 sampai pada tahapan sekarang, kita tinggal untuk pengesahan RKP Tahun 2024 nanti mungkin RKP itu akan diserahkan ke Tim Musrenbang Kabupaten atau kepada OPD maupun kepada kami sebagai perwakilan bapak ibuk semua. 
Hal itu disampaikan Anggota DPRD Tanah Datar Zuli Rustam pada Musrenbang Nagari Barulak Kecamatan Tanjung Baru Kabupaten Tanah Datar di Aula Kantor Kerapatan Adat Nagari (KAN) Selasa (10/10) 

Yang masuk ke musrenbang Kabupaten itu rata-rata banyak yang tidak terealisasi, artinya kita sudah memprioritaskan, tapi asil dari prioritas tersebut belum banyak yang terealisasi, artinya mungkin ada beberapa gendala.

Kondisi keuangan daerah saat ini memang memperhatikan seperti yang di sampaikan oleh Camat tadi. Peraturan yang membuat kondisi keuangan tersebut tidak bisa kita laksanakan seperti tahun-tahun sebelumnya. 

Seperti yang disampaikan tadi,  dana DAU rasa DAK, kegiatan  yang turun dari pusat sudah di peruntukan kemana arahnya, artinya kita tinggal menerima saja. Yang mana kalau hal seperti ini sistem otomat itu sudah dilanggat sebetulnya, kegiatan yang diselenggarakan yang dari bawah itu sudah mulai berkurang dari atas turunnya seperti itu, jadi untuk antisipasi hal tersebut tentu kita harus sama-sama paham. 

Kami melalui perwakilan bapak dan ibuk memang ada dana pokok pikiran (Pokir) yang kita usulkan kepada pemerintah Daerah dana Pokir tersebut lebih dari 80% atau sebagian besar dari Pokir itu kami alokasikan untuk Nagari Barulak ini. Baik untuk kegiatan pengembangan ekonomi, pendidikan, fisik dan sarana prasarana, rata-rata dari itulah mungkin Nagari Barulak sekarang ditambah dengan alokasi dana  Dana Desa sehinga menggeliat pembangunannya. 

Kalau diharapkan di prioritas musrenbang ini beberapa tahun belakangan ini semenjak Covid boleh dikatakan tidak ada. Untuk tahun 2023 Pokir kita yang jumlahnya lebih dari satu Miliyar sebagian besar kita bagikan di Nagari Barulak. 

Pada tanggal 26 September 2023 kita telah melakukan pemilihan Wali Nagari, alhamdulillah berjalan lancar dan baik, terimakasih kepada bapak ibuk semuanya yang telah melaksanakan pesta demokrasi di Nagari Barulak dan telah terpilih Azisman, S.Pd Datuk Sati Nan Panjang, akan dilantik pada 13 November 2023-2029, jadi tidak ada lagi perbedaan antara kita, Pilwana telah usai mari kita bersatu kembali, harapnya. 

Sebelumnya Camat Tajung baru Riky Afrizaldi, S. STP dalam arah hanya menyampaikan apresiasi kepada pemerintah Nagari atas terlaksana nya Pilwana Nagari Barulak berjalan lancar aman dan baik, dari proses awal penyusunan RKP sampai sudah siaiapkan rancangan Peraturan Nagari RKP tahun 2024 dan akan dilanjutkan dengan DURKP tahun 2025.

Kita berharap kedepan sinergi antara lembaga pemerintah dengan pemerintahan Nagari, BPRN dan lembaga-lembaga yang ada di Nagari Barulak agar terjaga hubuangan yang harmonis jaga kebersamaan sehingga setiap kegiatan-kehiatan yang kita laksanakan di Nagari dapat sesuai dengan yang kita harapkan bersama, sampainya. 

"Sebelum kegiatan musrenbang ini sudah ada kegiatan pendahuluan yaitu Musna yang dilaksanakan pada bulan Agustus yang lalu, ini juga berkaitan dengan usulan RKP Nagari tahun 2024 dan DURKP 2025,"kata Camat. 

Kami ucapkan terimakasih sebesar-besarnya kepada seluruh kapisan masyarakat Nagari Barulak yang sudah menjaga kondisi tertib dan aman dalam mengamankan Pilwana kemaren, alhamdulillah  Pilwana kita berjalan aman dan tertib. Kita juga akan menlanjukan hal yang sama yaitu pesta demokrasi tapi lebih besar lagi yakni kegiatan Pileg, Pilpres dan Pilkada. Kita bermohon kepafa masyarakat mari kita saling menjaga situasi  jangan sampai terjadi antara kita saling bergesekan, harap Camat Riky.(007-n) 




0 komentar:

Posting Komentar

 
Top