Tanah Datar-Sumateraline. Com (20 Juni 2024) 

Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE. MM. membuka secara resmi pelatihan peningkatan kapasitas Ninik Mamak se Kabupaten Tanah Datar, di Aula Kantor Bupati setempat, Kamis (20/6/24) 
Dikesempatan itu, Bupati Eka Putra mengatakan Pemerintah Kabupaten Tanah Datar menaruh perhatian besar terhadap adat, budaya serta keagamaan di Luhak Nan Tuo ini.
 
“Kegiatan ini, salah satu bentuk perhatian Pemerintah Daerah Tanah Datar terhadap adat, budaya serta keagamaan. Dan, dirangkup ke Program Unggulan (Progul) yang tertuang di RPJMD 2021-2026, yakni peningkatan biaya operasional KAN, LKAAM, Bundo Kanduang dan Organisasi Keagamaan,” ujarnya.

Bupati Eka Putra menambahkan bahwa pemahaman hingga pengamalan nilai-nilai kehidupan beragama, adat dan budaya, merupakan salah satu isu dan permasalahan pembangunan di Kabupaten Tanah Datar yang perlu segera diatasi dan dicarikan solusinya.

“Kami berharap seluruh peserta mempergunakan kesempatan ini, dengan sebaik-baiknya, untuk mengkaji, menganalisa dan mendiskusikan serta melahirkan solusi-solusi yang kongkrit dalam pemecahan permasalahan agama, adat dan budaya di tengah-tengah masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua LKAAM Tanah Datar diwakili Muslianto Dt. Majo Datuk dalam laporannya mengatakan pelatihan tersebut, sudah berjalan dari tahun sebelumnya.

“Sesuai dengan tema dari kegiatan ini, tujuannya adalah untuk meningkatkan kapasitas Ninik Mamak. Ini sudah berjalan dari tahun 2023. Untuk tahun ini, diadakan kembali dengan peserta sebanyak 200 orang,” ujarnya.

Ia menyebutkan bahwa dikegiatan tersebut, akan dihadiri narasumber yang berkompeten dibidangnya, “Ada beberapa narsumber dihadirkan pada kegiatan ini. Beberapa diantaranya yakni, Ketua LKAAM Tanah Datar, Sekretaris LKAAM Tanah Datar dan sebagainya. Mudah-mudahan kegiatan ini, berjalan sesuai dengan harapkan,” ujarnya.

Diakhir acara Bupati Eka Putra menyerahkan kendaraan operasional yang diterima langsung Ketua LKAAM Tanah Datar Aresno, Dt. Andomo disaksikan Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik Erizanur, Plh. Asisten Pemerintahan dan Kesra Arief Gani, Kepala Dinas PMDPPKB Tanah Datar Abdurahman Hadi, Kepala BPKD Tanah Datar Helfy Rahmy Harun, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanah Datar In Hendri Abas Dt, Tan Basa dan tamu undangan lainnya. (**) 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top