Arosuka - Pemkab Solok ikuti Evaluasi Implementasi Smart City Tahap I Pemerintah Kabupaten Solok Tahun 2024, di ruangan rapat skretariat daerah Kab Solok. (25/6/2024).

Kegiatan dilakukan secara video converence bersama Kementerian Kominfo RI dan di asesmen secara langsung oleh akademisi dari beberapa Universitas Terbaik Di Indonesia.

Laporan Kepala Diskominfo :

- Untuk Kegiatan Smart City di Kabupaten Solok kita mengacu Pada Visi Kabupaten Solok " Mambangkik Batang Tarandam Menjadikan Kabupaten Solok Terbaik di Sumatera Barat"

- Untuk Kesiapan Solok Smart City Sendiri kita telah memiliki Struktur Sistem Informasi Desa (SID) di seluruh Nagari, ±352 Orang PNS dengan jenjang Pendidikan S2 dan 27 SDM yang menguasai bidang IT.

- Terkait Infrastruktur untuk saat ini secara 50% Daerah di Kabupaten Solok sudah terjangkau oleh jaringan 3G dan 4G, 371 Sekolah SD/SMP sudah memiliki akses internet dan sudah mencapai  60% kesiapan infrastruktur fisik untuk pengembangan jaringan di Kabupaten Solok.

- Terkait Suprastruktur kita telah memiliki Dewan Smart City yang di SK kan oleh Bupati Solok dengan Nomor 490-362-2022 dan memiliki tim pelaksana Smart City yang di SK kan oleh Bupati Solok dengan Nomor 490-234-2018.

- Smart City Kabupaten Solok telah diatur melalui Kebijakan Perbup No. 44 Tahun 2019 tentang rencana induk smart city Kabupaten Solok Tahun 2019-2029.

- Terkait 6 Dimensi Smart City, Pemerintah Kabupaten Solok telah melaksanakan beberapa Inovasi diantaranya :

1. Smart Governance

• SISFO IZIN (DPMPTSP dan Naker) - web aplikasi perizinan non berusaha dan non perizinan yang memberi kemudahan bagi masyarakat dalam mengurus izin non berusaha. Dengan Sisfo Izin masyarakat dengan mudah mengurus izin tanpa harus mengunjungi PTSP, masyarakat hanya perlu mendaftar hak akses dan mengupload dokumen persyaratan dan mendapat notifikasi via Whatsapp saat izin telah diterbitkan

• PAK ALIPUR (Disdukcapil) - Percepatan Kepemilikan Dokumen Kependudukan Melalui Pelayanan Paket Akta Kelahiran Dibawa Pulang Tanpa Diurus.

• SEMAKIN SEDAP (Disdukcapil) –  Setelah Menikah Semua Dokumen Dapat

• KAK TIKA (Disdukcapil)– KK dan Akta Cerai Siap Seketika

• SIJARLA (Disdukcapil) – Pelayanan Sistem Kejar Bola. Pelayanan dengan Bus keliling.

• PREDATOR (Disdukcapil) – Perekaman KTP-EL dengan Sepeda Motor


2. Smart Branding

• JSNI (jendela solok nan indah) merupakan aplikasi/media yang memuat informasi keperiwisataan daerah Kabupaten Solok yang ada sejak Tahun 2019 yang dapat dimanfaatkan oleh wisatawan dan stakeholder terkait. Dan sekarang JSNI Sudah memiliki aplikasi Android.


3. Smart Economy

• KUKEMAS - Para pelaku usaha dapat pelayanan dan fasilitasi untuk desain dan kemasan produk sebelum di lempar ke pasaran. Dan Fasilitasi ini didapat secara Gratis.

• JUABALI (juabali.solokkab.go.id) -  Website marketplace bagi pelaku usaha UMKM di Kabupaten Solok.

• PASAR TANI adalah pasar mini yang diadakan setiap hari jumat setiap minggu di Dinas Pertanian Kabupaten Solok. Pasar Tani bertujuan untuk mewujudkan peluang pasar kepada petani.


4. Smart Living

• WISI (Wisuda Imunisasi) Puskesmas Batubajanjang Kecamatan Tigo Lurah Kabupaten Solok Raih TOP Inovasi Pelayanan Publik Terpuji tahun 2021 klaster Kabupaten ini dilaksanakan oleh MENPAN RB. Nilai keunikan dari WISI ini adalah adanya seremonial layaknya wisuda bagi anak yang sudah menyelesaikan imunisasinya secara lengkap.


• UJIMOTO adalah sebuah sistem yang digunakan untuk merekam dan memantau proses pengujian kendaraan bermotor. UJI MOTO telah terintegrasi dengan Aplikasi Penerbitan Bukti Lulus Uji Elektronik (BLUe) Kementrian Perhubungan serta Telah terintegrasi juga dengan Sistem Pembayaran BANK Nagari (BPD Sumatera Barat)


5. Smart Society 

• PUSTAKA BERGILIR - Dengan adanya program Pustaka Bergilir Buku Masuk Rumah sangat bermanfaat bagi masyarakat, masyarakat dengan mudah melakukan minat baca karena masyarakat diberikan buku secara bergilir dan bergantian yang diberikan atau diantarkan langsung oleh kader pustaka Nagari Saok Laweh ke rumah-rumah masyarakat.


• ISOLOKKAB - adalah aplikasi perpustakaan digital persembahan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Solok. iSolokKab merupakan aplikasi perpustakaan digital berbasis media sosial yang dilengkapi dengan eReader untuk membaca ebook. Dengan fitur-fitur media sosial Anda dapat terhubung dan berinteraksi dengan pengguna yang lain. Anda dapat memberikan rekomendasi buku yang sedang Anda baca, menyampaikan ulasan buku. Membaca ebook di iSolokKab jadi lebih menyenangkan karena Anda dapat membaca ebook secara online maupun offline.


6. Smart Environment

BANK SAMPAH - Bertujuan untuk mewujudkan tata kelola lingkungan yang baik, bertanggung-jawab, dan berkelanjutan. Dari segi budaya dapat mengurangi timbulan sampah rumah tangga dan dari segi ekonomi untuk peningkatan pendapatan belum terlalu signifikan sebatas untuk pembayaran iuran sampah bulanan.

Kegiatan dilanjutkan dengan Pembahasan Teknis Evaluasi Terkait Inovasi Smart City Kabupaten Solok.

Turut hadir pada kesempatan tersebut Bupati Solok diwakili Plh. Sekretaris Daerah Drs. Syahrial, MM, Kepala Diskominfo Teta Midra, S.STP, M.Si,Kepala OPD,Perwakilan OPD Terkait, Jajaran Diskominfo Kabupaten Solok.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top