Tanah Datar-Sumatetaline. Com (21 Juni 2024) 

Hari ini kita melaksanakan Baralek Banda, dengan telah selesainya masyarakat memanen hasil pertaniannya pada tahun ini, sekaligus ini juga rangkaian kegiatan Satu Event Satu Nagari. Ini adalah adat dan budaya yang telah lama diturunkan oleh leluhur kita dulunya.

Hal itu disampaikan oleh Wali Nagari Tapi Selo Genta Maulana Akbar, NLP kepada Media Sumateraline.Com setelah acara Baralaek Banda di Lareh Nan Panjang Nagari Tapi Selo Kecamatan Lintau Buo Utara. Pada Jum'at (21/6/24) 

Genta katakan, bagaimana setiap selesai panen Padi/gabah maupun penen hasil pertanian ini kita melaksanakan syukuran kepada Allah SWT, semoga dengan syukuran ini nanti tahun tahun depan akan ada peningkatan peningkatan ekonomi masyarakat kedepan. 

"Kegiatan ini rutin diadakan satu kali satu tahun yang di lakukan turun temurun oleh masyarakat di Lareh Nan Panjang dari dulu. Untuk pelaksanaan kegiatan ini lebih kurang ada Lima Jorong, 
anggaran murni dari suadaya masyarakat," Ujarnya. 

Warga Bersama- sama secara Gonto royong memasak lalu dibawa ke acara ini, harapan kita terhadap kegiatan ini harus dipertahankan tradisi adat dan budaya Baralek Banda dan mungkin tidak semua Nagari yang melakukan kegiatan seperti ini. 

Kita lihat tempat-tempat lain untuk pelaksanaan setelah selesainya masyarakat memanen hasil pertanian tidak ada yang makukan hal seperti ini, di Tapi Selo bagaimana bisa kita mempertahankan adat dan budaya ini, tambah Wali Nagari Genta Maulana Akbar, NLP yang beberapa bulan yang lalu meraih Penghargaan dari Menkumham dan MA terbaik Pralegal Justise awards dalam kategori penyelesaian berbagai Komflit atau permasalahan Hukum secara Non litigasi yang dihadapi masyarakat di wilayahnya. (007-n) 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top