Tanah Datar-Sumateraline. Com (22 Juli 2024) 

Musyawarah Nagari (Musnag) dan Pra Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nagari (Pra Musrenbang) untuk RKP tahun 2025 dan DU RKP tahun 2026 yang dilaksanakan di Gedung Serbaguna Nagari Paninjauan Kecamatan X Koto. Senin (22/7/24)
Pada sambutannya Wali Nagari Paninjauan Drs. Afrizal, M. Pd mengatakan, Bantuan dari perantau sangat luar biasa, kita selalu berkomunikasi dengan perantau melalui zoom meeting rapat sehinga dari perantau terkumpul dana lebih kurang 114 juta semua dana itu sudah digunakan dengan sebaik-baiknya.

"Alhamdulillah kemaren kita berkesempatan pergi ke Jakarta dalam rangka Bimtek ke Kemendagri kita lansung laporkan secara pertanggung jawaban dari pemerintah kita buatkan SPJ nya dan ditunggu oleh pengurus-pengurus Ikatan Keluarga Paninjauan Sepakat (IKPAS) di Jakarta,"ujar Wali Nagari. 

Lebih lanjut Wali Nagari katakan, belum batuan secara personil baik berupa Semen dan matrial lainnya dari masyarakat kita maupun pemerintah, tentu saja perkembangan dari penangulangan bencana itu luar biasa alhamdulillah percepatan nya sangat luar biasa. 

Berkat dorongan tokoh Masyarakat kita yang gigih bagaimana peluang peluang itu bisa didapatkan, baik ke Kecamatan maupun ke Kabupaten. Prioritas yang diberikan kepada Nagari kita terutama Jembatan (bailey)  kita dapat 2 Jembatan tersebut, akses dari masyarakat kita sudah cukup lancar, kemudian dari Jembatan yang dibangun oleh PU Jembatan sementara dilalui oleh kenderaan roda 2.

Menurut informasi dari Bapak Bupati Eka Putra bahwa Jembatan Berok InsyaAllah tahun ini akan dibangun secara permanen. Artinya akses Nagari kita ini sangat luar biasa perhatian dari pemerintah Kabupaten, rasanya dengan Bapak Bupati Eka Putra tidak asing lagi bagi kita.

"Nagari Paninjauan merupakan adalah Kampung ke 2 oleh Bapak Bupati, kita sangat merasakan beberapa kali beliau datang ke Nagari kita, bahkan sampai jam 1 malam bapak Bupati bisa bertahan di Kantor Wali Nagari untuk mem bicarakan bagaimana Nagari kita kedepannya, "kata Afrizal. 

"Untuk itu kepada kita semua, ini sebuah bertanda bagi kita bahwa tingginya perhatian Bupati terhadap kita tentu kita juga mewujudkan perhatian khusus bagi beliau nantinya kedepan, "tambahnya.

Sementara itu, Camat X Koto Muhammad Yahya Suryadi Putera, S. STP dalam arahan menyampaikan, dari 9 Nagari yang melaksanakan Musnag Nagari, ini adalah musyawarah Nagari yang paling banyak pesertanya. Bearti nikmat sehat itu dimanfaatkan oleh Nagari Paninjauan untuk kemajuan Nagari kedepannya. 

"Untuk RKP tahun 2025 saya juga berharap apa yang kita diskusikan, ide-ide yang akan dimunculkan nanti kalau bisa lebih terfokus kepada rehabilitasi fasilitas sosial fasilitas umum di Nagari kita yang terdampak bencana kemaren, itu harapan saya," tuturnya. 

Kita bukan mengecilkan kegiatan lain, tapi kalau fasilitas umum fasilitas sosial itu tidak segera kita benahi takut nya kita perkembangan ekonomi lambat maju kedepan, itulah harapan saya terkait dengan kegiatan har ini, ucap Camat X Koto. 

Sebelumnya Musyawarah Nagari Paninjauan di buka secara resmi oleh Ketua BPRN 
S Dt Kayo, turut dihadiri Tim Kabupaten OPD terkait Bappeda, Parpora, Pentanian, 
Forkopinca, Camat X Koto Kapolsek X Koto Iptu DEDDY, Danramil Diwakili Babinsa, Wali Nagari Paninjauan, BPRN, KAN, Ninik Mamak Bundo Kanduang, Tokoh Masyarakat dan undangan lainnya (097-n). 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top