Tanah Datar-Sumateraline. Com (12 Juli 2024) 

Musyawarah Nagari (Musnag) Nagari Koto Tuo dalam rangka penyusunan RKP tahun 2025 dan DU RKP tahun 2026 yang di laksanakan di Aula Kantor Wali Nagari Koto Tuo Kecamatan Sungai Tarab Kabupaten Tanah Datar. Pada Jum'at (12/7/24) 
ISMET KHT. Intan Ameh Wali Nagari Koto Tuo mengatakan, musyawarah Nagari hari ini dalam rangka menyusun RKP tahun 2025 dan DU RKP 2026, nanti kita sepakati apa yang dianggarkan untuk tahun 2025 karena dana yang berjalan itu sebanyak 384 juta termasuk Pajaknya. Dari awal sudah kita susun yang akan kita laksanakan di tahun ini. 

Tapi dengan keadaan cuaca tidak menentu maka banyak penimbunan jalan yang kita laksanakan, mohon kepada masyarakat kalau tidak bisa kita laksanakan tahun ini yang tinggal beberapa meter nanti kita sepakati, sebagian waktu itu ada usulan jalan tersebut diaspal dengan ketebalan 13 cm.

"Saya sudah sampaikan jangan dikurangi ketebalan , biarkan jalan tidak siap asal ketebalan kualitas jalan tidak dikurangi, tahun depan kita lanjutkan dari pada nanti tersandung hukum, jadi kita sepakati itu nanti,"kata Wali Nagari Ismet. 

Untuk tahun berikutnya, nanti kita sepakati usulan-usulan sesuai dengan RPJM yang telah sisusun selama 6 tahun, kita sudah serahkan RPJM ke Kecamatan dan Kabupaten untuk RPJM jangka menengah. 
Kita juga punya rencana tahun 2025 nanti akan melaksanakan acara adat batagak gala, sudah 30 tahun lamanya kita di Nagari Koto Tuo tidak melaksanakan batagak gala, tambahnya. 

Sementara itu Camat Sungai Tarab Mirza Azis mengatakan, hari ini hari ke tiga musyawarah Nagari di Kecamatan Sungai Tarab, mudah-mudahan sesuai dengan peraturan perundang undang sampai akhir bulan ini seluruh Nagari di Kecamatan Sungai Tarab menyelesaikan musyawarah Nagari.

Dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pembagunan  RKP Nagari 2025 dan DU RKP tahun 2026, Musnag Nagari sebagai yang disampaikan Kerua BPRN tadi, musyawarah BPRN bersama pemerintah Nagari dan seluruh komponen Stek holder, masyarakat yang ada di dalam Nagari. 

Perencanaan Nagari bakal jadi titik awal untuk rencana Nagari kedepannya, jadi apa yang akan direncanakan dan apa yang telah dilaksanakan dan apa yang masih disempurnakan. "Disinilah tempatnya untuk memutuskan apa yang sudah disepakati, yang akan diusulkan nanti kebutuhan bersama bukan keinginan kelompok atau perorangan, "ujar Camat Mirza Azis. 

Musyawarah Nagari iru di buka oleh Ketua BPRN Yumarlis, S. Pd, MM, turut dihadiri Tim dari Kabupaten Bappeda, UPT SD UPT Puskesmas,OPD terkait, Forkopinca, Camat Sungai Tarab Mirza Azis, Danramil Sungai Tarab, KAN, Ninik Mamak Bundo Kanduang, Pemuda dan Mahasiswa KKN, Wali Nagari se Kecamatan Sungai Tarab (007-n) 


0 komentar:

Posting Komentar

 
Top