Tanah Datar-Sumateraline. Com (24 Julu 2024) 

Musyawarah Nagari (Musnag) Nagari Sawah Tangah dalam penyusunan RKP Nagari tahun 2025 dan DU RKP 2026, " Untuk mewujudkan Nagari yang Madani berlandasan adat basandi syara' Suara' basandi Kitabullah" Yang selenggarakan di sekolah MDTA Nagari Sawah Tangah Kecamatan Pariangan. Rabu (24/7/24). 

Di sambutannya Wali Nagari Sawah Tangah, Daffri Yandi mengatakan, kita mencoba menyusun rencana kegiatan di tahun 2025, sebelumnya kita sudah menyusun RPJM, RPJM adalah kigiatan-kegiatan yang kita coba rangkum untuk 6 tahun masa jabatan Wali Nagari, itu mengacu kepada Fisi dan Misi Wali Nagari ada juga mempertimbangkan segala kebutuhan dan keinginan kita di Nagari Sawah Tangah ini. 

Sehingga kita ramu, kita catat semuanya apa saja yang ingin kita lakukan di Nagari kita ini untuk memajukan dan mensejahterakan masyarakat Nagari Sawah Tangah itu salah satu sudah berjalan di RPJM, yang dimulai menggali aspirasi dari bawah, artinya dari Jorong sampai tingkat Nagari apa yang kita butuhkan itu menjadi RPJM. 

Kegiatan di tahun 2025 tidak terlepas dengan mengacu pada RPJM. RPJM yang telah kita bukukan insyaallah akan mengakomodir seluruh keinginan untuk membangun Nagari kita Sawah Tangah ini. Seperti yang disampaikan BPRN tadi, yang menjadi objek vital itu adalah sumber air dan Sungai Pemandian, artinya itu yang harus kita benahi dulu karena itu objek yang paling vital.

"Sungai Balakan merupakan Sungai utama Nagari Sawah Tangah sangat rawan longsor telah putus oleh banjir, itu akan menggangu aktivitas masyarakat. Ada ide beberapa tokoh dan masyarakat, jalan untuk akses ke Sungai Balakan itu diperbarui, "kata Wali Nagari 
Daffri Yandi. 


Ketua BPRN Sawah Tangah
Irmayanti sebelum membuka Musyawarah Nagari (Musnag) mengatakan, kegiatan Musnag ini adalah musyawarah tahunan yang wajib kita laksanakan, dimana musyawarah ini awal dari perencanaan kegiatan program kerja Nagari tahun 2025.

Hari ini musyawarah Nagari yang pertamakali kita mengacu pada RPJM yang telah dibuat oleh Wali Nagari kita yang menjabat saat ini, nantinya program yang direncanakan Wali Nagari sekarang, yang akan kita rencanakan atau yang akan kita laksanakan pada tahun 2025. 

Yang perlu kami sampaikan, Nagari Sawah Tangah saat ini sudah memiliki yayasan, dimana yayasan ini milik Nagari  yang bergerak di segala bidang. "Namun untuk tahun ini kita fokus ke bidang pendidikan dulu, mengingat kita mempunyai predikat ada beberapa sekolah mempunyai muridnya sangat sedikit sekali. Jadi kami mohon kita masukan kedalam RKP tahun 2025," ujarnya. 

Arahan dari Kabupaten yang diwakili Anton Fausiyah dari Bappeda menyampaikan, seperti yang disampaikan Wali Nagari tadi mungkin pra musrenbang semua usulan dimulai dari Jorong Jorong sampai ke tingkat Nagari sehingga usulan dari pra Musnag itu bisa membawa ke arah Musyawarah ini. 

Tentu kebutuhan berdasarkan kebutuhan kita, bukan bedasarkan keinginan kita, apa yang paling prioritas bagi kita itu telah tertuang dalam RPJM Nagari kita, untuk itu alangkah baiknya sebelum memprioritaskan ini, kita mereviu kembali kegiatan RPJM yang telah kita susun 6 tahun yang lalu. 

"Apa yang sudah terlaksana, dan apa yang belum terlaksana, kegiatan yang belum terlaksana inilah yang harus kita prioritas kan di RKP kita. Sehingga dapat mereviu kembali, apa yang belum tercapai oleh Wali Nagari yang lama, sehingga kita mendapatkan barang yang jelas, "ucapnya.

Turut hadir OPD terkait Forkopinca, Camat Pariangan yang diwakili Sekcam, Kapolsek Pariangan diwakili Bhabinkamtibmas, Dndramil diwakili Babinsa, Wali Nagari Sungai Jambu, Mahasiswa KKN, BPRN, KAN, Ninik Mamak, Bundo Kanduang, Pemuda, tokoh masyarakat dan undangan lainnya. (007-n) 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top