Tanah Datar-Sumateraline. Com (10 Juli 2024) 

Musyawarah Nagari (Musnag) Pra Musrenbang Nagari Singgalang, dalam rangka rencana kerja pemerintah Nagari (RKP Nagari) Tahun 2025 yang diselenggarakan di Aula Kantor Wali Nagari Singgalang Kecamatan X Koto Kabupaten Tanah Datar. Rabu (10/7/24). 
Seri Mesra, S. Hum Dt. Pangulu Basa Nan Kuruih Wali Nagari Singgalang menyampaikan, pada diskusi kelompok nanti kita akan membicarakan tentang Program kegiatan di tahun 2024, dikesempatan ini saya juga menyampaikan MTQ tingkat Kabupaten yang dilaksanakan di Kecamatan Rambatan kemaren ini. 

Tahun 2022 Kecamatan X Koto mendapatkan peringkat 9 dan tahun 2024, tetap di angka 9 bertahan, nilai ada naik tapi kecamatan lain juga naik kita bertahan di posisi 9 luar biasa, dari 22 orang Kafilah yang di utus dari Kecamatan X Koto 15 orang diantaranya adalah anak dari Nagari Singgalang. 

Dari 62 ,15 orang anak Nagari Singgalang dan dari ¹5 orang tersebut 8 orang meraih juara, juara 1 juara 2 juara 3 dan juara harapan 1 harapan 2 harapan 3,  ini luar biasa yang diperoleh oleh anak Nagari Singgalang
dalam mengharumkan nama Kecamatan X Koto di tingkat Kabupaten Tanah Datar. 

Inilah prosedurnya dalam mengunakan dana pemerintah, 1,1 miliyar dana dari Pusat 1,2 miliyar dana dari pemerintah Kabupaten, lebih kurang dari 2,7 miliyar dana masuk ke Nagari setiap tahun, memanfaatkan nyo tidak bisa hanya Nagari saja dan BPRN saja, akan tetapi disinilah kita bersama-bersama memikirkan. 

"Karena apa? disinilah kita akan mempertanggung jawabkan dana tersebut, jangankan dana satu juta, seribu rupiah saja akan dipertanggung jawabkan, " Sampai Wali Nagari Seri Mesra. 

Ada beberapa permasalahan yang terjadi di Nagari kita, yang terjadi pasca Banir Bandang pada tanggal 11 Mei 2024 yang pertama di Lembah Anai, banyak saudara kita sebagai pengelola tempat pemandian bertanya bagai mana nasib kami lagi Pak Wali katanya. 

Jawabannya kami selaku pemerintahan Nagari, BPRN dan KAN kita tetap akan memperjuangkan, walaupun sudah ada beberapa dinas telah menyampaikan, tetap kita pertahankan karena disanalah kemasukan PAD Nagari kita sebesar 4 juta per bulan, tambahnya. 

Dikesempatan itu, Camat X Koto Mohamad Yahya SP, S.STP diwakilkan Kabid PMD Rahmad Nafri katakan, dengan putusnya akses jalan Lubuak Mato Kuciang, jalan Lembah Anai perekonomian masyarakat memang terganggu, berkat kerja sama Wali Nagari, tokoh masyarakat KAN, BPRN secara bertahap kita dapat melakukan pemulihan, saat ini kita masa transisi pemilihan bencana, 

Musnag Nagari merupakan musyawarah antara BPRN dan pemerintahan Nagari yang di hadiri oleh masyarakat, dan ini merupakan Forum resmi dalam rangka merencanakan, untuk apa dana Nagari seperti yang disampaikan Wali Nagari tadi. 

Sekarang baru saja selesai mengikuti MTQ Nasional ke42 tingkat Kabupaten Tanah Datar, alhamdulillah nilai naik dari tahun kemaren dari 21 sekarang 22 peringkat tetap 9, namun untuk 2025 tentu kita siap-siap di Nagari Singgalang untuk MTQ tingkat Kecamatan tahun 2025 tuan rumahnya Nagari Singgalang. 

Musyawarah Nagari (Musnah) kita harus mengikuti rujukan tentang penyusunan RKP, RKP ini dilaksanakan setiap tahun yang merupakan penjabaran dari RPJM, awalnya 6 tahun sekarang menjadi 8 tahun, kata Camat X Koto yang diwakili Kabid PMD. 

Sementara itu Kapolsek X Koto Iptu DEDDY dalam arahannya mengatakan, terkait tindak pidana atau perbuatan tidak baik melanggar hukum disini terendah itu kita apresiasi ini berkat kerja sama kita semua dalam menciptakan situasi Kamtibmas.

Tidak kalah penting nya yang harus saya disampaikan, ini tahun politik tidak beberapa hari lagi akan melaksanakan Pemilihan Suara Ulang (PSU), sesuai dengan putusan MK mungkin kita sudah mengetahui, ini adalah sejarah baru di Indonesia, adanya PSU yang akan dilaksanakan pada tanggal 13 Juli 2024 pada hari Sabtu Pemilihan DPD RI. 

Untuk itu kami berpesan pada hari itu silahkan sampaikan kepada Istri, keponakan, anak, saudara, tetangganya untuk ramai-ramai datang ke tempat pemungutan suara DPD RI ini. 

"Perlu juga saya sampaikan kepada kita semua sesuai dengan Instruksi dari Kapolri tentang Judi Online, Narkoba dan penyakit LGBT sangat marak sekarang di Sumbar, kita harus menjaga anak-anak agar  tidak terjerumus dengan kasus ini," kata Kapolsek X Koto. 

Musyawarah Nagari (Musnag) ini di buka oleh Ketua BPRN Singgalang, Z. Dt Pangulu Basa N. Kuniang turut dihadiri Forkopinca, Camat X Koto Mohammad Yahya SP, S.STP diwakilkan Kabid PMD Rahmad Nafri, Kapolsek X Koto Iptu DEDDY, Danramil diwakili Babinsa, Wali Nagari, UPT Puskesmas, UPT SD, Tokoh masyarakat, BPRN, KAN, Ninik Mamak Bundo Kanduang, Kepala Jorong. (007-n) 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top