Tanah Datar -Sumateraline. Com (11 Juli 2024) 

Musyawarah Nagari (Musnag) dan Pra Musrenbang Nagari Pandai Sikek dalam rangka menyusun Rencana Kerja Pembangunan (RKP) Nagari tahun 2025 yang dilaksanakan di Aula Kantor Wali Nagari Pandai Sikek Kecamatan X Koto Kabupaten Tanah Datar. Kamis (11/7/24) 

Mas'ap Widiawan Dt. Bandaro
Wali Nagari Pandai Sikek pada sambutannya mengatakan, kita pada Musnag Nagari ini dalam rangka menggali gagasan apa Prioritas yang akan dikerjakan pada tahun 2025. Yang akan dilaksanakan melalui dana Desa dan alokasi dana Nagari yaitu kewenangan Nagari, kemudian apa prioritas usulan yang didanai oleh APBD Kabupaten, APBD Provinsi atau dari Pusat. Kegiatan ini akan sangat mempengaruhi dan sangat mendukung untuk kelanjutan pembangunan Nagari kita di tahun 2025.

"Apa saja yang menjadi usulan skala prioritas dan usulan kita itulah yang akan kita kerjakan di tahun 2025. Harapan kami kepada kita semua yang hadir hari ini, supaya membilah atau memilih apa yang paling di butuhkan oleh Nagari kita untuk tahun 2025 besok, "kata Mas'ap Widiawan. 

Apa lagi beberapa hari yang lalu kita baru mendapatkan bencana, mudah-mudahan melalui rapat Musnag ini 
sedikit banyaknya kita bisa mengurangi kerusakan akibat dari bencana Alam ini, sampai Wali Nagari. 

Camat X Koto yang diwakili Kabid PMD Rahmad Nofri pada arahannya mengatakan, apa yang di inginkan pada Musnag Nagari ini itulah yang akan kita usulkan, artinya dengan pelaksanaa Musnag ini, bahwa Dana Nagari yang jumlahnya tidak sedikit itu tidak mudah bagi Pak Wali Nagari mengalokasikan sendiri. 

"Artinya kita harus sepakat, BPRN selaku lembaga yang mengawasi pemerintah Nagari, bersam Wali Nagari yang akan melaksanakan, dengan dana hampir 2 Milyar di Nagari Pandai Sikek jadi mufakat dengan masyarakat, jadi tidak semata hanya Wali Nagari saja, " Kata Rahmad Nofri mewakili. 

Sementara itu, Kapolsek X Koto  Iptu DEDDY dalam arahanNya menghimbau masyarakat untuk datang ke TPS pada tanggal 13 Juli untuk melakukan Pemilihan  Suara Ulang (PSU) DPD RI, dan himbauan larangan Judi Online, Narkoba dan bahaya LGBT anak-anak harus diawasi orang tua. 

Dikesempatan tersebut Kadis Parpora diwakili Sekretaris Afrizal mengatakan, tugas dan pungsi dari Dinas Parpora yaitu Pariwisata Pemuda dan olahraga termasuk membina UMKM seperti yang pernah dilaksankan di Nagari Pandai Sikek, Satu Event Satu Nagari. 

Nagari Pandai Sikek di tahun 2022 Juara 1 di Satu Event Satu Nagari, kalau bisa tahun 2025 kembali meraih juara 1 yang kita tonjolkan saat itu UMKM masyarakat Nagari Pandai Sikek ini sudah buming sampai ke luar Negeri. Untuk itu kalau ada kegiatan yang menyangkut Dinas Parpora seperti olahraga Pemuda, UMKM hubungi Dinas Parpora itu tugasnya. 

Satu lagi masyarakat harus tau mana kebijakan Nagari mana kebijakan Kabupaten dan mana kebijakan Provinsi. Seperti yang sering dihebohkan di Mensos masalah jalan jelek berlobang yang disalahkan Kabupaten, ini kewenangan Provinsi bukan kewenangan Kabupaten yang disalahkan Bupati Tanah Datar. 

Ruas jalan yang kewenangan Provinsi 7 titik pintu masukan ke Tanah Datar yaitu. Jalan Kubu Karambia, jalan Ombilin, Baso Batusangkar, Piladang, Payakumbuh Lintau, Setangkai Batusangkar, Sawahlunto Batusangkar semua jalan ini adalah jalan kewenangan Provinsi bukan kewenangan Tanah Datar. masyarakat harus tau, "ujar Afrizal Sekretaris Dispora. 

Sebelumnya Musnag Nagari Andai Sikek di buka oleh Ketua BPRN Yulfa Hendra, S.Hi, Dt. Bagindo Palano, dihadiri oleh Tim Kabupaten Kadis Parpora diwaki Sekretaris Afrizal, dan dinas Pertanian, Forkopinca, Camat X Koto yang diwakili Kabid PMD, UPT Puskesmas, UPT Sekolah, Wali Nagari, BPRN, KAN, Ninik Mamak Bundo Kanduang Pemuda dan undangan lainnya. (007-n). 


0 komentar:

Posting Komentar

 
Top