Tanah Datar-Sumateraline. Com (15 Juli 2024) 

Musyawarah Nagari (Musnag) Nagari Sungai Tarab dalam penyusunan Rencana Kerja Pembangunan (RKP) tahun 2025 dan DU RKP tahun 2026 yang akan dituangkan dalam RPJM Nagari di ruangan sekolah SLB Nagari Sungai Tarab Kecamatan Sungai Tarab, pada Senin (15/7/24) 

Sambutan Wali Nagari diwakili Sekretaris Nagari Syufrihadi mengatakan, Musnag Nagari dalam rangka menyusun RKP tahun 2025 dan DU RKP 2026 akan dimasukkan pada RKP Nagari yang akan dituangkan dalam RPJM Nagari. 

Seperti yang di sampaikan oleh Ketua BPRN tadi ada tiga yang akan didiskusikan pada hari ini, pertama bidang pembagunan, bidang sarana dan bidang kemasyarakatan. Khusus yang kami sampaikan hari ini, bidang fisik dan sarana itu yang akan kita disepakati. 

"Karena di tahun 2023 untuk pembuangan fisik telah dilakukan pengerjaan, nanti terkait dengan usulan-usulan yang akan kita bicarakan hari ini, yang benar-benar ada nilai manfaat nya bagi masyarakat kita, "kata Sekretaris Nagari 
Syufrihadi. 

Di sambutan itu, Kadis Parpora Riswandi mengatakan, hadir di Musyawarah Nagari akan sampaikan tugas tupoksi dari Dinas Parpora yaitu, Pariwisata Pemuda dan Olahraga juga Program Satu Event Satu Nagari Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), kalau ada Nagari yang ikut Satu Event Satu Nagari dibantu dananya dari pemerintah, itu tugasnya Parpora. 

Tujuan dari Program Satu Event Satu Nagari bukan hanya untuk Pariwisata saja akan tetapi agar bisa bangkit kan kembali seni budaya, kesenian sanggar sanggar agar hidup kembali supaya hidup kembali agar bisa mengarahkan anak-anak muda ke yang positif atau makanan kas di Nagari. Program ini jelas dampaknya ke masyarakat kita para UMKM, kata Riswandi. 

Musnag Nagari hari ini, dalan rangka penyusunan Rencana Kerja Pembangunan (RKP) Nagari tahun 2025 dan DU RKP 2026, tidak ada lagi istilah naik dijalan, program asal-asalan, sehingga terencana termonitor dan terukur, momennya nanti pada diskusi kelompok. 

"Kalau bisa saat diskusi kita tetap diruangan, jangan ada yang meninggalkan ruangan diskusi karena disinilah intinya yang akan dibahas permasalahan, ujar Kadis Parpora. 

Camat Sungai Tarab yang diwakili Sekcam Doni Ismanto dalam arahan menyampaikan ucapan terimakasih kepada BPRN dan Wali Nagari yang telah melaksanakan Musnag Nagari, bahwa terlaksananya Musyawarah Nagari berkat kerja sama kita semua. 

"Kami dari Kecamatan mengucapkan terimakasih kepada stek older yang ada kemaren kita telah melakukan Pemiliha Suara (PSU) DPD RI berjalan lancar tidak ada permasalahan di Kecamatan kita, "kata Sekcam. 

Pada Musnag ini kita berharap nantinya terlaksana seluruh yang sudah kita direncanakan untuk kegiatan pembangunan di Nagari Sungai Tarab dalam perencanaan pada tahun 2025, pembangunan pembangunan fisik terlaksana kalau rencana kita lakukan hari ini, ucapnya. 

Sebelumnya Musnag Nagari di buka oleh Ketua BPRN Roni Herwandi yang dihadiri Tim Kabupaten Kadis Parpora, OPD terkait Forkopinca, Camat Sungai Tarab diwakili Sekcam, Danramil diwakili Babinsa, UPT Puskesmas, UPT SD, Wali Nagari, BPRN, KAN, Ninik mamak, bundo kanduang, Pemuda dan undangan lainnya. (007-n) 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top