Tanah Datar-Sumateraline. Com (05 Juli 2024) 

Kegiatan Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) Nasional ke-42 tingkat Kabupaten Tanah Datar. Dasar surat pelaksanaan surat keputusan Bupati Tanah Datar nomor 451./463/Kesra-2023 tentang  penetapkan Kecamatan Rambatan sebagai tuan rumah penyelenggaraan MTQ tingkat Kabupaten Tanah Datar ke 42 Tahun 2024.
Hal itu di sampaikan Ketua LPTQ Tanah Datar Sekda Drs. Iqbal Ramadi Payana, M. Si pada pembukaan Musabaqoh Tilawati Qur'an (MTQ) Nasional ke 42 tingkat Kabupaten Tanah di Lapangan Bola Kaki Rambatan Kecamatan Rambatan. Jum'at (05/7/24) 

Ketua LPTQ Iqbal Sampaikan, 
jumlah cabang MTQ yang di Musabaqoh kan pada MTQ Nasional ke-42 tingkat Kabupaten Tanah Datar ini, terdiri dari 12 cabang dan 32 golongan, yang menempati 17 peyu atau tempat yang tersebar di 5 Nagari di Kecamatan Rambatan. 

Jumlah Kafilah berdasarkan hasil Verifikasi calon Kafilah yang dilakukan secara Online melalui Aplikasi E MTQ yang terverifikasi dan berhak mengikuti MTQ Nasional ke 42 tahun 2024 tingkat Kabupaten Tanah Datar, sebanyak 866 orang utusan dari 14 Kafilah Kecamatan se Kabupaten Tanah Datar. 

MTQ Nasional ke 42 tingkat Kabupaten Tanah Datar InsyaAllah akan berlangsung mulai dari tanggal 04 sampai dengan 08 Juli 2024 dengan Random kegiatan, pertama kedatangan rombongan Kafilah pada Kamis 04, kedua pembukaan MTQ Nasional ke 42 pada Jum'at 05 Juli 2024.

"Yang ketiga pelaksanaan babak menyelisihan pada Sabtu Minggu tanggal 06 sampai 07 Juli 2024, babak Final dan acara penutupan Senin tanggal 08 Juli 2024, ujar  Sekda Iqbal. 

Harapan kami dan tentunya kita semua semoga MTQ Nasional ke 42 tingkat Kabupaten Tanah Datar ini, dapat melahirkan Qori Qoriah terbaik di Kabupaten Tanah Datar, yang akan menjadi  duta Kabupaten Tanah Datar dalam mengikuti MTQ Nasional Provinsi Sumatera Barat tahun 2025. InsyaAllah akan berlangsung di Kota Bukittinggi dengan meraih kembali prestasi terbaik di tingkat Provinsi Sumatera Barat, harap Kerua LPTQ Iqbal Ramadi Payana. 

Sementara itu KAKANWIL Kemenag Sumatera Barat DR. H Mahyudin, M.A mengatakan Kepala Kementerian Provinsi Sumatera Barat memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas terselenggaranya MTQ Nasional yang ke 42 tingkat Kabupaten Tanah Datar tahun 2024.

"Karena kegiatan yang kita laksanakan ini adalah suatu wahana Syiar Islam Sumatera skaligus dalam rangka membumikan Al-Qur'an di Negara Kesatuan Republik Indonesia ini, khusus nya di Kabupaten Tanah Datar, "kata Kakanwil H Mahyudin. 

Penyelenggraan MTQ tahunan yang kita laksanakan ini secara berjenjang merupakan program yang telah di dusun lembaga pengembangan Tilawati Qur'an disamping kita membacakan Ayat-ayat suci Al-Qur'an di tengah-tengah masyarakat, melaksanakan MTQ juga berupa mengukur kompetensi seorang Qori - Qoriah, Hafizh, Hafizah, mutakhir-mutakhirah maupun cabang-cabang lainnya. 

Provinsi Sumatera Barat dalam beberapa tahun terakhir menunjukkan tren yang positif  dalam meraih prestasi di Event MTQ Nasional. Sumatera Barat dua tahun yang lalu pada Musabaqoh Tilawati Qur'an Nasional tahun 2022 di Provinsi Kalimantan Selatan berhasi meraih peringkat 5 besar ini bertanda bahwa Provinsi Sumatera Barat diperhitungkan si tingkat Nasional. 

Tidak tertutup kemungkinan bahwa Provinsi Sumatera Barat juga didominasi oleh perserta yang berasal dari Kabupaten Tanah Datar. "Karena itu kami berikan apresiasi yang luar bisa mudah-madahan dibawah kepemimpinan Bupati Eka Putra dan dikomandoi oleh Ketua LPTQ terus bergema persiapan-persiapn ini," Ucapnya.(007-n) 






0 komentar:

Posting Komentar

 
Top