Tanah Datar-Sumateraline. Com (01 Agustus 2024) 

Masyarakat Nagari Tanjuang baralek gadang dalam rangka sukseskan Satu Nagari Satu Event Nagari Tanjung dengan tema "Nagari Tanjung Bapulang Padi " Yang diselenggarakan di Sawah Bandera Jorong Balai Bungo Nagari Tanjuang Kecamatan Sungayang Kabupaten Tanah Datar. Kamis (01/8/24) 
Di kesempatan itu perantau Nagari Tanjung, HM Dt Majo Indo menyampaikan, Satu Nagari Satu Event dengan tema "Nagari Tanjung bapulang Padi" untuk menjalin tali silaturahmi antara perantau dan ranah, karena di Nagari Tanjung ini mayoritas masyarakat adalah Petani. 2/3 wilayah kami itu adalah daerah pertanian 85 persen penduduknya adalah petani.

Batani maso saisuak (bertani masa silam) saat pulang Padi banyak pelajaran dan nilai nilai positif yang didapat oleh kaum muda, rasa persaudaraan, etika dan Ahlak saling menghargai sesama kita, kita bersyukur dengan adanya Satu Nagari Satu Event yang digagas Bupati  Eka Putra patut kita ucapkan terimakasih, karena Program ini sangat dibutuhkan masyarakat. 

"Karena Nagari Tanjung banyak potensi yang bisa digali seperti Ngalah Soda sangat bagus kalau ditata, Viewnya tidak kalah bagus dari daerah lain ada Goa, Bunga Raflesia dan lain-lain, dan juga bisa membangkitkan seni budaya anak Nagari kesenian masa silam, makanan khas Nagari Tanjung," Kata HM Dt Rajo Indo. 

Kita Do'akan Bupati Eka Putra sehat selalu supaya bisa melanjutkan Program Satu Nagari Satu Event di Tanah Datar, kami berharap Program ini jangan putus di tengah jalan, tambahnya. 

Sementara itu pada sambutan nya Wali Nagari Tanjung Amri, A. Md mengatakan, dengan adanya Satu Nagari Satu Event akan terciptanya rasa kebersamaan masyarakat di Nagari Tanjung, sebagaimana masyarakat Nagari Tanjung ketika berpulang Padi (Gabah) yang dilaksanakan secara Bergotongroyong ada nilai kebersamaan didalamnya, barek samo dipikua ringan samo dijinjiang (berat sama dipikul ringan sama ditenteng) ka bukik samo manaki ka lurah samo manurun ( ke bukit sama mendaki ke jurang sama menurun). 

Itulah buya yang diturunkan oleh nenek moyang kita dahulu, dengan kebersamaan semua yang kita kerjakan akan mudah, untuk itu kami masyarakat Nagari Tanjung berterimakasih 
kepada pemerintah Daerah Tanah Datar khususnya kepada Bapak Bupati Tanah Datar Eka Putra, yang punya gagasan yaitu program Satu Nagari Satu Event dengan tujuan antaralain, 

"Melestarikan adat dan buya Minangkabau bagaimana beliau sangat peduli dengan pelestarian adat dan budaya, sehingga tidak hilang begitu saja, bagaimana generasi penerus tetap dapat mengetahui tentang adat dan budaya Minangkabau di Nagari nya, ucap Wali Nagari Ambri. 

Mengambil pelajaran nilai leluhur yang terkandung didalamnya, mengutip dari perkataan Bupati di beberapa Event, yang mana Satu Nagari Satu Event sebagai ajang promosi baik Kabupaten maupun Nagari, mengaktifkan sanggar kesenian, kuliner, UMKM, Pariwisata serta rasa kebersamaan bernagari ibarat kata pepatah satu kali mendayung dia tiga pulau terlalui, disamping menjaga adat dan budaya maka ekonomi yang diharapkan bisa berdampak bagi masyarakat, pungkasnya.

Hadir saat Satu Nagari Satu Event, Bupati Eka Putra serta Ketua TP-PKK Ny. Lise Eka Putra, mantan Bupati Tanah Datar Ir. M. Shadiq Pasadigoe, Asisten, OPD, Forkopimda, Forkopinca Sungayang, Direktur Bank Nagari, Parantau, Wali Nagari se Kabupaten Tanah Datar, BPRN, KAN, ninik mamak, Bundo Kanduang dan undangan lainnya. (007-n) 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top