Padang - Komandan Korem 032/Wirabrajaja Brigjen TNI Wahyu Eko Purnomo sebagai Irup pada upacara Penutupan  Tmmd ke 121 di wilayah Kodim 0311/Pessel dan Kepala Staf Korem 032/Wbr Kolonel Inf Sapta Marwindu Ibraly sebagai Irup di wilayah Kodim 0308/Prm, Kamis, (22/8/2024) 

Kegiatan TNI Manunggal masuk desa merupakan keterpaduan antara TNI bersama pemerintah daerah sebagai upaya percepatan terobosan pembangunan di daerah pedesaan serta sebagai langkah peningkatan infrastruktur dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

Pelaksanaan Program TMMD  pada Tahun Anggaran 2024 dilaksanakan dalam 4 (empat) gelombang  yaitu TMMD ke 119, 120, 121 dan 122. masing-masing gelomabang  pelaksanaannya secara serentak diseluruh indonesia dan dibatasi waktu selama 30 hari.

Untuk di wilayah Korem 032/Wbr yang ke 119 di Kodim Pasaman  dan Sijunjung (sudah dilaksanakan), TMMD ke 120 di Kodim 0307/Tanah Datar (sudah dilaksanakan), dan TMMD yang dilaksanakan pada bulan ini TMMD ke 121 di Kodim 0311/Pessel serta Kodim 0308/Pariaman dan untuk  ke 122 belum ada Kodim yang siap melaksanakan, karena keterbatasan waktu perencanaan.

Sesuai program pembangunan sasaran fisik di wilayah Kodim 0308/Pariaman bertempat di Jorong Kubu Alahan Pagang Nagari Sungai Sirah Kuranji Hulu Kecamatan Sungai Geringging Kabupaten Padang Pariaman berupa pembangunan dan perbaikan infrastruktur pembukaan badan jalan sepanjang 2.200 meter dengan luas 6 meter, 8 Unit RLTH dan 1 unit perehaban Mesjid.

Diluar program atau sasaran tambahan sebagai implementasi program unggulan Kasad antara lain pembangunan 6 unit RLTH kerja sama dengan BAZNAS, penanaman pohon 2.300 batang dan pembuatan 3 titik sumur bor sumber air bersih serta 3 titik pembangunan MCK.

Sementara pembangunan sasaran fisik di wilayah Kodim 0311/Pesisir Selatan difokuskan di Nagari Lagan Mudik Punggasan Kecamatan Linggo Sari Baganti dan Nagari Palangai Kaciak Kecamstan Ranah Pesisir Kab. Pesisir Selatan. berupa pembangunan dan perbaikan infrastruktur pembukaan badan jalan sepanjang 5.150 meter dengan luas 6 meter, 5 Unit RLTH.

Sasaran tambahan berupa pembangunan  3 titik sumur bor sumber air bersih, penanaman pohon, pembersihan lingkungan dan ketahanan pangan.

Dalam amanat Panglima Kodam I/Bukit Barisan Mayor Jenderal TNI Mochammad Hasan sebagai Pengendali Kegiatan Operasional TMMD yang dibacakan oleh Komandan Korem 032 Wirabraja Brigadir Jenderal TNI Wahyu Eko Purnomo mengucapkan  terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bupati Deli Serdang, Bupati Tapanuli Utara, Bupati Kampar, Bupati pesisir Selatan, Walikota Pariaman dan Walikota Tanjung Balai Karimun serta semua pihak yang telah memberikan kepercayaan kepada TNI untuk membantu pelaksanaan pembangunan di daerah kepercayaan ini sangat penting dalam mendukung percepatan program pembangunan daerah yang sejalan dengan pembangunan nasional.

Dalam acara penutupan TMMD Ke 121 di Wilayah Kodim 0311/Pessel Danrem 032/Wbr Brigjen TNI Wahyu Eko Purnomo juga menjelaskan bahwa satu bulan penuh Satgas TMMD ke 121 di Jajaran Korem 032/Wbr  telah bekerja keras dalam melaksanakan kegiatan fisik dan Non fisik serta sebelumnya juga diawali dengan Pra TMMD untuk memastikan semua target dapat diselesaikan dengan tepat waktu.

“Kegiatan TMMD ke 121 di Wilayah Kodim 0311/Pessel maupun Kodim 0308/Pariaman telah selesai 100/% sesuai target dan waktu yang direncanakan, semua ini tidak lepas dari bersatu padunya semua komponen bangsa yang terkoordinasi dan terkoordinir dengan bahu membahu bergotongroyong bersama-sama” ujarnya

Danrem sebagai Penanggungjawab Keberhasilan Pelaksanaan (PKP) TMMD, juga berharap hasil output dari TMMD ini betul-betul dapat dimanfaatkan dan dirasakan oleh masyarakat, tidak hanya dalam rangka mempermudah akses mobilitas akan tetapi juga bisa menumbuhkan simpul-simpul perekonomian di Desa/Nagari. (Penrem032)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top