Padang - Korem 032/Wbr menerima Entry meeting pemeriksaan pendahuluan kinerja OMSP dari Tim Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) RI di wilayah Korem 032/Wbr yang dilakukan secara Vicon dan tatap muka bertempat di Aula A. Yani Makorem 032/Wbr, Senin (12/8/2024).

Dalam sambutannya, Danrem 032/Wbr Brigjen TNI Wahyu Eko Purnomo menyampaikan bahwa pemeriksaan pengelolaan dan pertanggung jawaban keuangan negara merupakan amanah yang diberikan kepada tim BPK RI. Oleh karena itu, satuan jajaran Korem 032/Wbr menyambut baik atas pelaksanaan pemeriksaan laporan keuangan terkait kegiatan Operasi Militer Selain Perang (OMSP) di wilayah Korem 032/Wbr.

"Korem 032/Wbr dan jajarannya terus berusaha memperbaiki pengelolaan anggaran serta telah melakukan berbagai upaya agar dapat memperoleh opini terbaik dalam laporan keuangan", ucap Danrem.

Diketahui, satuan kerja Korem 032/Wbr meraih penghargaan Kategori Capaian Indikator Pelaksanaan Anggaran Terbaik dalam acara KPPN Awards dan Forum Konsultasi  Publik Semester I TA 2024.

"Namun kami menyadari, tentu masih terdapat kekurangan dan kelemahan  dalam melaksanakan Pengelolaan Keuangan Negara, untuk itu melalui pemeriksaan ini, kami berharap BPK RI dapat mengevaluasi dan mengetahui kelemahan tersebut, dan kami bisa sesegera mungkin untuk melakukan perbaikan pengelolaan keuangan, sesuai dengan peraturan perundang undangan", ujar Danrem.

Danrem 032/Wbr juga berpesan kepada seluruh Komandan atau Kepala Satuan Kerja jajaran Korem 032/Wbr agar bersikap Kooperatif dan Proaktif serta dapat membantu dengan memberikan data yang dibutuhkan oleh tim pemeriksa, dan juga memberikan informasi yang akurat agar pemeriksaan dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Sementara itu, Ibu Silpana Suryani selaku Pengendali Teknis 4 BPK RI menyampaikan bahwa pada UUD 1945 di perubahan ke 3 pasal 23 E mengamanahkan kepada BPK untuk melakukan pemeriksaan pengelolaan dan tanggung jawab tentang keuangan negara.

"Pemeriksa yang melakukan pemeriksaan uang negara harus membangun komunikasi yang efisien dan efektif di seluruh proses pemeriksaan agar dalam proses pemeriksaan berjalan dengan lancar dan hasil dari pemeriksaan dapat dimengerti serta dapat ditindak lanjuti oleh pihak yang bersangkutan", ucapnya.

"Dalam hal ini, maka kami melakukan Entry meeting untuk memberikan beberapa hal yang akan kami lakukan terkait pemeriksaan kinerja, supaya nanti kita sama - sama bisa berkomunikasi, agar nantinya aspek 3E ini (Efisiensi, Ekonomis dan Efektivitas) bisa tercapai untuk mendukung Visi Misi dan tujuan dari organisasi TNI ini", imbuhnya.

Turut hadir, Ketua Tim BPK RI, Ketua Sub Tim BPK RI, Kasrem 032/Wbr, Para Kasi Kasrem 032/Wbr, Asops Danlantamal II Padang, Kadisops Lanud Sutan Sjahrir Padang, Para Dandim sejajaran Korem 032/Wbr, Dan/Ka Balak Makorem 032/Wbr,Ka Korum Yonif 131/Brs  dan Ka Korum Yonif 133/YS serta pendamping tim dari Itjen TNI, Itjen TNI AD, Itjen TNI AL dan Itdam I/BB. (Penrem032)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top