Tanah Datar-Sumateraline. Com (06 Agustus 2024) 

Pelatihan Nagari Digital, bagai mana Desa/Nagari di Sumatera Barat khususnya di Kecamatan Salimpaung hari ini proses di Nagari sudah mulai mengarah ke digital. Seperti pelayanan digital Informasi serba digital itu semua sudah bisa diakses melalui WhatsApp, media Handphone dan perangkat lainnya. 
Hal itu disampaikan, Dr. Ir. Yuhefizar, S. Kom.,M.Kom.  IPM., ASEAN Eng. Kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat saat pelatihan Nagari digital di Kantor Wali Nagari Tabek Patah Kecamatan Salimpaung. Selasa (06/8/24) 

Jadi kegiatan ini untuk mendekatkan pelayanan ke masyarakat, memudahkan pelayanan di Nagari dengan kemajuan teknologi, sebenarnya kegiatan yang serupa di Tanah Datar mungkin sudah ada dilaksanakan, tuturnya.

Ini adalah satu-satunya binaan  Politeknik Padang, yang satu Kecamatan seluruh Nagari nya ikut dalam Program Nagari digital jadi di enam Nagari se Kecamatan Salimpaung, dan kegiatan ini di bawah naungan dan sosialisasi Pak Camat. Alhamdulillah seluruh Nagari nya ikut dalam Program digital binaan Politeknik Padang ini, ucapnya.

"Harapan kita hari ini untuk memanfaatkan Aplikasi yang kita pakai sudah dibikinkan WhatsApp resmi Nagari, kemudian di WhatsApp Nagari itu seluruh Informasi Nagari sudah bisa disampaikan oleh Nagari, potensi-potensinya dan kemudian ada layanan sistem Informasi Nagari, "ujar Yuhefizar. 

Sementara itu Camat Salimpaung Khairunnas, S. STP 
mengatakan, Inovasi dari Pemerintah Nagari bersama Kecamatan yang kami sebut dengan (SPBE Talampau Sayang), singkatan dari enam Nagari, Tabek Patah, Lawang Mandailing, Salimpaung, Sumanik, Situmbuak dan Supayang. 

Sistem Pelayanan Berbasis Elektronik (SPBE) ini kita kerjasama kan dan sudah kita tandatangani NoU dilanjutkan dengan tahapan pelatihan dan InsyaAllah penghimpunan data dan faktor-faktor lain dalam waktu dekat akan kita Lounching SPBE ini. 

Karena SPBE ini Inovasi Wali Nagari, ini sangat bermanfaat untuk pelayanan masyarakat secara online dan juga nanti Profil-profil Nagari bisa di ketahui oleh masyarakat di ranah maupun yang berada di rantau. "Ini merupakan satu-satunya di Sumatera Barat yang satu Kecamatan ke seluruhan Nagari ikut dalam Inovasi tersebut, " Kata Camat Khairunnas. 

Senada dengan itu Wali Nagari Tabek Patah Zulkifli katakan, atas nama pemerintahan Nagari Tabek Patah umumnya Kecamatan Salimpaung sangat berterimakasih dengan adanya kegiatan SPBE ini , tentu ini sangat memudahkan kami dalam pelayanan masyarakat di Nagari, khusus nya Nagari yang ada di Kecamatan Salimpaung, kata Wali Nagari Tabek Patah Zulkifli. 

Turut Hadir saat Pelatihan Digital Nagari Dr. Ir. Yuhefizar, S. Kom.,M.Kom.  IPM., ASEAN Eng. Kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, Camat Salimpaung Khairunnas, S. STP,  Wali Nagari Tabek Patah Zulkifli, Wali Nagari Salimpaung, Wali Nagari Lawang Mandailing, Wali Nagari Sumanik, Wali Nagari Situmbuak, Wali Nagari Supayang. (007-n) 








0 komentar:

Posting Komentar

 
Top