Tanah Datar-sumateraline. Com (20 September 2024) 

Ikatan Keluarga Minang Bontang (IKMB) Kalimantan Timur, kunjungi Istano Basa Pagaruyung dalam rangka kunjungan wisata budaya ke Kabupaten Tanah Datar. Dalam rombongan tersebut ada beberapa orang Putra Putri Tanah Datar angkatan 85 SMPN 2 Batusangkar disambut oleh Panitia se angkatan. 

Pada kesempatan itu Afrizal, Ketua IKMB Kaltim menyampaikan ucapan terimakasihnya atas sambutan panitia alumni angkatan 85, terkhusus Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE.MM atas fasilitas yang sudah di berikan kepada rombongan IKMB.

Terimakasih kepada panitia angkatan 85 SMPN 2 Batusangkar yang telah menyambut kedatangan rombongan kami dan juga kepada pemerintah daerah Kabupaten Tanah Datar khususnya Bupati Eka Putra atas fasilitas yang sudah di sediakan. 

Kedatangan rombongan ini selain kunjungan kerja juga bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi alumni dan budaya antara perantau Minang dan kampung halaman, tutur Afrizal.

Sebelum tiba di Tanah Datar, rombongan IKMB terlebih dahulu menghadiri acara Solok Baralek Gadang. Dalam acara besar tersebut, IKMB turut berpartisipasi dengan menampilkan tarian dan lagu khas dari Bontang. El Az, selaku Koordinator Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif IKMB, menjelaskan bahwa keikutsertaan mereka dalam acara ini merupakan bentuk kontribusi budaya dari perantau Minang yang berada di Bontang.

 "Kami merasa bangga bisa ikut serta dalam acara Solok Baralek Gadang dan menampilkan seni serta budaya dari Bontang, yang menunjukkan betapa kuatnya hubungan budaya meskipun kami berada jauh di perantauan," ungkapnya.

Tri Karyadi M, salah satu pengurus alumni SMP 2, mengucapkan selamat datang kepada rombongan IKMB.

 "Kami sangat bahagia dan merasa terhormat dapat menyambut kedatangan saudara-saudara kami dari Bontang, terutama karena di antara rombongan ada alumni SMP 2 Batusangkar. Selamat datang di kampung halaman, semoga kunjungan ini memberikan kesan yang mendalam," ujar Tri Karyadi.

Ia juga menjelaskan alasan kehadiran mereka dalam menyambut IKMB, karena adanya ikatan alumni dengan beberapa anggota rombongan.

 "Kehadiran kami di sini merupakan bentuk solidaritas dan dukungan karena di antara rombongan IKMB ada alumni kami," lanjutnya. Tri Karyadi berharap agar pertemuan ini bisa menumbuhkan rasa cinta kampung halaman di hati para perantau. 

"Semoga dengan adanya kunjungan seperti ini, semakin banyak perantau yang ingat untuk pulang ke tanah kelahirannya dan datang dalam jumlah yang lebih besar di masa mendatang," harapnya.

El Az selaku koordinator kepariwisataan dan ekonomi kreatif IKMB juga mengucapkan terima kasih kepada para alumni SMP 2 Batusangkar atas sambutan hangat yang diberikan. Ia merasa sangat senang dan bangga melihat kekompakan para alumni yang hadir.

 "Saya sangat berterima kasih dan merasa bangga atas apa yang dilakukan oleh teman-teman alumni. Kekompakan dan rasa persaudaraan yang ditunjukkan sungguh luar biasa,"tuturnya. 

Lebih lanjut, El Az juga menjelaskan, bahwa seluruh kegiatan wisata budaya IKMB ini sepenuhnya didanai oleh Pemerintah Kota Bontang.

"Dana kegiatan ini berasal dari Pemerintah Kota Bontang. Dukungan ini sangat kami apresiasi, karena dengan kegiatan ini memungkinkan kami bisa mempererat hubungan budaya antara perantau Minang di Bontang dan kampung halaman," jelas El Az. 

Ia juga menambahkan bahwa perhatian dari Pemerintah Kota Bontang terhadap IKMB sangat besar. "Pemerintah Kota Bontang benar-benar memperhatikan IKMB dengan melibatkan kami dalam setiap kegiatan. Ini membuktikan bahwa IKMB adalah bagian penting dalam mempromosikan budaya dan kebersamaan di kalangan perantau Minang," tambahnya.

Selanjutnya, El Az mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Tanah Datar yang telah memfasilitasi kedatangan rombongan IKMB. 

"Kami sangat berterima kasih kepada Pemerintah Tanah Datar atas dukungan dan perhatian yang diberikan, termasuk pemberian cendera mata yang kami terima. Ini merupakan simbol persahabatan dan hubungan baik antara kami," Sampainya. (00-7n) 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top