Tanah Datar-sumateraline. Com ( 18 September 2024) 

Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Nagari Singalang dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) tahun 2025 dan Daftar Usulan Rencan Kerja Pemerintah (DU-RKP) tahun 2026 di Aula Kantor Wali Nagari Singgalang Kecamatan X Koto Kabupaten Tanah Datar. Rabu (18/9/24) 
Wali Nagari Singgalang Seri Mesra, S. Hum saat membuka Musyawarah Nagari katakan, Musrenbang hari ini tidak hadiri  6 orang anggota DPRD kita, namun sebelumnya sudah memberitaukan kepada kami bahwa beliau ada agenda rapat secara fisik tidak hadir, tapi tokoh-tokoh masyarakat  sangat mendukung kegiatan Musrenbang. 

Alhamdulillah dari Kabupaten ada hadir Bapada Litbang mewakili. Musrenbang puncak dari musyawarah Nagari, sebelumnya kita sudah musyawarah Jorong (Musjor) kita juga telah melaksanakan Musyawarah Nagari (Musnag) seluruh masukan dan usulan kita bahas bersama-sama. 

Seluruh usulan dan aspirasi masyarakat jumlahnya tidak terhitung dalam musrenbang Nagari itulah yang diambil skala prioritas, hasil dari musyawarah Nagari itu akan disampaikan pada Musrenbang hari ini. 

"Seluruh Jorong butuh pembangunan dan pemberdayaan, lembaga masyarakat butuh pembinaan, namun kondisi keterbatasan dana, tentu ada skala Prioritas, " Sampai Wali Nagari Seri Mesra. 

Sementara itu Camat X Kota yang diwakili Kasi PMD R. Nafri mengatakan, seperti yang disampaikan Wali Nagari dan Seknag tadi, ini merupakan hasil dari musyawarah Nagari yang dilaksanakan ada awal bulan Juli kemaren, tentu sudah dipahami apa yang disampaikan Wali Nagari, itu merupakan usulan-usulan yang sudah kita prioritas kan. 

Kedepan hal ini akan kita sejalankan dengan Perpres 59 tahun 2017 tentang percepatan pembangunan berkesinambungan, dan berkelanjutan yang sudah diatur melalui Permendes 13 tahun 2000 tentang prioritas dalam mempergunakan dana Desa. 

"Kita akan merubah cara kita dalam mengenakan falam pembangunan Nagari, kita akan melakukan pengumpulan Data SDGs (Sustainable Development Goals) Desa adalah mengimplementasikan pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat, " Tutur Kasi PMD R. Nafri. 

Lanjut Nafri, masyarakat juga harus program pemerintah Daerah, seperti Bajak Gratis, Satu Nagari Satu Event, Satu rumah Satu Hafiz dan Hafizah ditambah lagi beberapa waktu yang lalau Program Universal Health Coverage atau (UHC) merupakan sarana akses kesehatan terjangkau bagi masyarakat.

Pemerintah Daerah tidak ingin masyarakat sakit tidak bisa berobat karena tidak punya BPJS atau BPJS mati tidak bisa berobat, kalau sakit datang saja kerumah sakit yang bekerja sama dengan BPJS hanya mendawa KTP berobat Gratis "Tanah Datar Sehat Merdeka Berobat" itu tujuannya semua untuk masyarakat Tanah Datar, tambah Kasi PMD Nafri. 

Tim Musrenbang Kabupaten diwakili pusional perencana ahli Madiya Bapeda Litbang Efi yendri, S.Si, MT mengatakan, 
Musrenbang merupakan lanjutkan dari Musna,  juga sudah menentukan prioritas baik untuk RKP Nagari tahun 2025 maupun DU-RKP 2026 yang akan dibawa nanti dalam pelaksanaan Musrenbang Kecamatan. 

"Untuk RKP 2025 kami harap kepada Wali Nagari karena prioritas sudah ditetapkan, RKP juga sudah ditetapkan, untuk selanjutnya dapat dibahas bersam BPRN untuk menjadi APB (Anggaran Pendapatan dan Belanja) Nagari tahun 2025, kita harapkan ini sudah dapat di Pernagkan sebelum berakhirnya tahun 2025, jadi kita harapkan sudah selesai diakhir Desember 2024,"kata Efi  yendri. 

Untuk DU-RKP 2026 apa yang diusulkan perwakilan Nagari nanti di Kabupaten, ini memang perlu perjuangan untuk mendapatkan prioritas, kalau menurut yang mewakili Nagari itu merupakan memang suatu kebutuhan yang harusnya menjadi prioritas tolong diperhatikan nanti yakinkan di Musrenbang Kabupaten, Ujarnya. 

Hadir saat itu, tim Musrenbang Kabupaten Bapeda Litbang, pusional perencana ahli Madiya Efi yendri, S.Si, MT, tenaga ahli pendamping, OPD terkait, Forkopinca, Camat X Koto yang diwakil Kasi PMD Nafri, Waka Polsek X Koto.. Danramil X Koto, Wali Nagari Singgalang Seri Mesra, S. Hum, BPRN, KAN, Bundo Kanduang, UPT Puskesmas, UPT Sekolah dan undangan lainnya. (007-n) 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top