Tanah Datar-sumateraline. Com (03 September 2024) 

Musrenbang Nagari Gunuang Rajo dalam penetapan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Nagari tahun 2025 dan Daftar Usulan Rencana Kerja Pemerintah (DU RKP) tahun 2024 di rumah sekolah SD Negeri 24 Jorong Gantiang Nagari Gunuang Rajo Kecamatan Batipuh Kabupaten Tanah Datar. Selasa (03/924) . 
Di kesempatan itu Wali Nagari Gunuang Rajo Erizal Dt. Kayo mengatakan, Musrenban ini awal dari proses terlaksananya suatu kegiatan tahun berjalan nanti baik tahun 2024 maupun di tahun 2025, karena kegiatan kegiatan tersebut kalau tidak ada di RKP atau RPJM tentu tidak bisa kita danani nantinya. 

Sebelum musrenbang dibuka seluruh kegiatan yang sudah kita laksanakan, terkait dengan program pemerintah Daerah Tanah Datar yaitu satu rumah satu Hafiz. 

Alhamdulillah untuk tahun 2024 ini kita mengirim anak-anak kita untuk wakaf 1000 Hafiz untuk hapalan satu jus sebanyak 30 orang, mungkin di Kecamatan Batipuh kita yang paling banyak mengirim yang lulus 23 orang, kemudian untuk hapalan 3 jus sebanyak 24 orang. Jadi jumlah anak tahfiz  di rumah tahfiz Al-kautsar sekarang sebanyak 160 orang, itu yang 80 orang sudah hapal diatas 1 jus, 10 orang ada yang 5 jus kemudia 8 orang ada yang  sudah sampai 8 jus. Kata Erizal Dt. Kayo. 

Seperti yang disampaikan Seknag tadi, Jorong Gunuang Rajo Utara jumlah penduduk lebih dari 1000. Sekarang yang terjadi masalah pelayanan, luas wilayah 70 persen dengan jumlah penduduk yang banyak tentu kewalahan Pak Jorong melayani masyarakat, jumlah pajak ada sekitar 28 juta, yang ter pungut oleh Pak Jorong  mungki hanya 50 persen itupun sudah habis waktu satu tahun. 

"Itu maka kami beberapa kali sudah menaikan surat untuk pemekaran Jorong, bahkan kami sudah dibawa oleh Bapak Bupati ke kementerian untuk melihat bagaimana cara proses Pemekaran Jorong , mudah mudahan bisa dimekarkan, "ujarnya. 

Sekarang yang paling penting sekali bagaimana cara untuk mengatasi sampah di Nagari kita, Bapak ibuk melihat mulai pintu masuk ke Gunuang Rajo, sampah banyak bertebaran kami tidak bisa mengatasi bagaimana caranya regulasi tidak ada, kami sudah diskusi dengan Dinas Lingkungan Hidup (LH) sudah ada jalan keluarnya, mudah mudahan kami bisa mengatasi masalah sampah ini, tambah Erizal. 

Camat Batipuh Abdi Hardifala dalam arahan menyampaikan, hari ini sudah dilaksanakan puncaknya dalam mencari aspirasi di masyarakat, Musrenbang ini telah dimulai dari musyawarah Jorong, Musnag Nagari, jadi melalui tahapan tahapan tersebut. 

Kita bisa merengking serta memberikan solusi dan ide-ide program kegiatan mana yang harus kita utamakan di Nagari gunuang Rajo, karena kita melihat Nagari Gunung Rajo ini berbeda dengan Nagari lain, kita punya kearifan lokal dan punya potensi sendiri

"Melalui kegiatan Musrenbang ini kita melihat apa-apa saja yang patut kita pikirkan, oleh karena itu sumbang saran dari Bapak Ibuk sangat peting dalam pembangunan Nagari," ucap Camat Batipuh Abdi.

Tim Kabupaten dari Bapeda litbang Edward mengatakan, 
Hari ini Musrenbang dalam rangka menetapkan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Nagari Gunung Rajo untuk tahun 2025 dan DU RKP yang akan diusulkan untuk tahun 2026. 

Tentang pungsi dan pedoman yang akan kita ikuti dalam penyusunan kegiatan pada musyawarah Nagari yang nanti akan dilanjutkan dengan penyusunan APB Nagari, karena hari ini baru langkah ke dua dari proses APB Nagari. 

"Alhamdulillah untuk periode ke dua ini berjalan cukup cepat karena nanti sesuai dengan aturan, paling lambat adalah tanggal 30 September itu RKP Nagari sudah harus di SK kan oleh Wali Nagari, tidak seperti kemaren sedikit terlambat," tutur Edward Bapeda litbang. 

Hadir pada Musrenbang Tim Kabupaten Bapeda litbang Edward, Kasi PMDPPKB Deddy Prihatin, OPD terkait, UPT SDN, UPT Puskesmas, Pendamping Desa, Forkopinca Camat Batipuh Abdi Hardifala, Kapolsek Batipuh di Wakili Bhabinkamtibmas, Wali Nagari Gunuang Rajo Elizal Dt. Kayo, BPRN, KAN, Bundo Kaduang.(007-n) 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top