Tanah Datar-sumateraline. Com (25 September 2024) 

Musrenbang Nagari dalam rangka penyusunan RKP Nagari tahun 2025 dan Daftar Usulan Rencana Kerja Pemerintah (DU-RKP) tahun 2026 yang dilaksanakan di Aula Kantor Wali Nagari Sawah Tangah Kecamatan Pariangan Kabupaten Tanah Datar. Rabu (25/9/24.

Di kesempatan itu Wali Nagari Sawah Tangah Daffri Yandi saat membuka Musrenbang menyampaikan, kegiatan ini sebelumnya sudah dilakukan tahapan, diawali Musyawarah Jorong, Musnag Nagari dan Pra Musrenbang, sampai hari ini Musrenbang RKP Nagari tahun 2025.

Kadis Pariwisata bertanya, Satu Nagari Satu Event di Nagari Sawah Tangah tahun ini ada, saya katakan tidak, Dana tidak ada kata saya, perlu juga kami sampaikan Sawah Tangah dulu sudah pernah melaksanakan Satu Nagari Satu Event, yang diangkat temanya Kacang Barandang, diakhir tahun juga dilaksanakan Event Pacu Jawi. 

"Dari dua kegiatan yang kami laksanakan di Nagari Sawah Tangah, antara Satu Nagari Satu Event Kacang Barandang dangan kegiatan Event Pacu Jawi, mana yang bagus pergerakan ekonominya pak Wali, kata beliau, bagus Pacu Jawi Pak kata saya, "tuturnya. 

Kenapa saya katakan seperti itu, Kacang Barandang yang kami angkat di Satu Nagari Satu Event, sebelum ada Satu Nagari Satu Event, Kacang Barandang ini sudah GO Internasional. Jadi untuk membangkitkan ekonomi Nagari Sawah Tangah, ketika kami adakan Pacu Jawi, semua pedagang kecil dagangannya laris. 

"Ketika Satu Nagari Satu Event, agak berkurang pendapatan mereka, jadi dana yang kita luncurkan untuk Satu Nagari Satu Event 50 juta lebih kurang ditambah sumbangan dari perantau, ketika kita adakan Pacu Jawi cuman menelan dana hanya 20 juta, "kata Daffri Yandi. 

Kadis Pariwisata Pemuda dan Olahraga Riswandi katakan, hadir di musrenbang sesuai dengan tupoksi, yaitu Satu Nagari Satu Event, kesenian, olahraga karena ini tugas saya sebagai Kadis Parpora Tanah Datar. 

Kenapa Satu Nagari Satu Event karena ini Program Pemerintah Daerah untuk mendongkrak ekonomi masyarakat seperti UMKM, Proggul ini sudah diakui di tingkat nasional malahan juara harapan satu dari sekian banyak provinsi Kabupaten Kota, setiap satu Nagari satu Event terlaksana banyak terjadi transaksi dana berputar disana. 

"Tujuan dari satu Nagari satu Event bukan hanya Pariwisata, melainkan menghidupkan kembali kesenian, sejarah dan sanggar. "Banyak Program yang bisa dimanfaatkan masyarakat, seperti Bombastis bajak gratis, ada lagi Program yang baru diluncurkan UHC bertobat gratis Tanah Datar Sehat Merdeka berobat,"ucap Kadis Parpora. 

Sementara itu arahan Camat Pariangan Beni Oriza menyampaikan, seperti yang disampaikan Wali Nagari tadi, untuk tahun 2024 Satu Nagari Satu Event karena terbatas dana di Kecamatan Pariangan belum ada yang melaksakan Satu Nagari Satu Event, kami sudah Kordinasi dengan Wali Nagari memang dananya tidak ada. 

"Mudah-mudahan untuk tahun 2025 nanti bisa kita anggarkan untuk Satu Nagari Satu Event, bahwasanya di Kecamatan Pariangan sangat disayangkan Satu-satunya anggota Dewan yang terpilih di pemilihan legislatif kemaren hanya satu yang akan membawa kue-kue pembangunan ke Kecamatan ,"ujar Camat Beni Oriza. 

Anggota DPRD Tanah Datar Saidani, SP mengatakan, merencanakan pembangunan RPJM Nagari harus singkron dengan RPJM Kabupaten, Provinsi sampai ke pusat memang begitulah mekanismenya dimulai dari Nagari, yang menentukan itu Pusat. 

"Sama juga dalam RKP Nagari dimulai dengan musyawarah Jorong, musyawarah Nagari, pra Musrenbang, Musrenbang Nagari, Musrenbang Kecamatan dan Musrenbang Kabupaten, kalau sudah singkron RPJM Nagari dan RPJM Kabupaten sampai ke Pusat bantuan itu akan cepat turun, "ucap anggota DPRD Saidani.

Hadir pada musrenbang Tim Kabupaten Kadis Parpora Riswandi, OPD terkait, Forkopinca, Camat Pariangan Beni Oriza, Danramil 03 Pariangan Pelda Adrian dan Kapolsek Pariangan diwakili Bhabinkamtibmas,UPT Puskesmas, UPT Sekolah, BPRN, KAN, Bundo Kanduang dan undang lainnya. (007-n) 




0 komentar:

Posting Komentar

 
Top