Tanah Datar-sumateraline. Com (05 September 2024) 

Musrenbang Nagari Sumanik dalam rangka penetapan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Nagari tahun 2025 dan Daftar Usulan Renacana Kerja Pemerintah (DU-RKP) tahun 2026 di Aula Kantor Wali Nagari Sumanik Kecamatan Salimpaung Kabupaten Tanah Datar. Kamis (05/8/24) 

Wali Nagari Sumanik Yopi Hendra katakan, Musrenbang sudah dimulai dengan tahapan musyawarah Jorong, Musnag sampai dengan musyawarah Nagari dalan perencanaan RKP tahun 2025 dan DU-RKP tahun 2026. Mari kita bergandengan tangan dalam membangun Nagari, mudah-mudahan Nagari Sumanik kedepannya semakin maju. 

Sekarang kita di Nagari juga mempunyai program yaitu, Festival Pemuda dan olahraga (Wali Nagari Cup) bagaimana anak-anak muda kita kedepan lebih terarah, dengan adanya program ini kita ingin melihat potensi mulai dari SD sampai SMP kegiatan ini bertujuan positif, kata Yopi Hendra. 

Kita di juga telah melakukan pembedahan Stunting, pertama yang kita lakukan memberikan tambahan susu dan makanan  Ibu hamil sampai melahirkan serta memberikan tambahan susu kepada Ibu yang sedang menyusui agar anak-anak kita terhindar dari stunting. 

Nagari Sumanik juga akan meluncurkan program Sistem Pelayanan Berbasis Elektronik (SPBE) dimana pelayanan digital Informasi serba digital itu semua sudah bisa diakses melalui ujung jari, WhatsApp, media Handphone dan perangkat lainnya. 

"Jadi Bapak Ibuk kalau ada yang akan diurus ke Kantor Wali Nagari cukup dari rumah saja tinggal klip WhatsApp Nagari semua sudah tertera di sana, "pungkasnya.

Sementara itu Camat Salimpaung Khairunnas, Y, S. STP, MM dalam arahannya mengatakan, perencanaan pembangunan Nagari harus dimulai dari tingkat Jorong, Musyawarah Jorong (Musjor) dilanjutkan Musyawarah Nagari (Musnag) sampai dengan Musrenbang Nagari. 

Musrenbang ini dilaksanakan 
sesuai dengan Permendagri peraturan Menteri dalam Negeri nomor 114 tahun 2014 tentang pedoman pembangunan Desa/Nagari dan peraturan Bupati nomor 23  tahun 2019 tentang petunjuk teknis Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Nagari dan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Nagari. 

"Beberapa hari lagi kita akan melakukan Pilkada serentak, saya minta kepada masyarakat agar memahami betul apa itu Pilkada, jangan sampai karena ada perbedaan pilihan kita berpecah-pecah,"ujar Camat 
Khairunnas (007-n).


0 komentar:

Posting Komentar

 
Top