Tanah Datar-sumateraline. Com (19 September 2024) 

Musrenbang Nagari Panyalaian  dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Nagari tahun 2025 dan Daftar Udulan Rencana Kerja Pemerintah DU-RKP tahun 2026 di Aula Kantor Wali Nagari Panyalaian Kecamatan X Koto Kabupaten Tanah Datar. Kamis (19/9/24) 

Ketua Pelaksana Musrenbang Sekretaris Nagari menyampaikan, Musrenbang Nagari Panyalaian tahun 2024 dasar hukum, peraturan menteri dalam negeri nomor 114 tahun 2022 tentang pedoman pengunaan dana Desa, 

Peraturan menteri dalam negeri nomor 20 tahun 2018 tentang pengelolaan keuangan Nagari, dan peraturan Bupati Tanah Datar nomor 22 tahun 2019 tentang petunjuk teknis penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah RPJM Nagari dan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Nagari. 

APB Nagari Panyalaian 2024 
kegiatan penyelenggaraan musyawarah perencanaan Nagari, Musyawarah Nagari, pra Musrenbang Nagari dan Musrenbang Nagari," Kata Seknag. 

Wali Nagari Panyalaian Dedi Sutani Dt. Rangkayo Putiah menyampaikan capaian dan gambaran masalah yang terjadi di Nagari, berawal dari Visi Misi terwujudnya Nagari Panyalaian Nagari berkah yang bersandikan Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah (ABS-SBK).

Yang mana dalam Visi kami itu namanya BERKAH (Budaya, Ekonomi, Ramah, Kuantitas, Agama, Harmonis ) kemudian Misi yaitu, menjadikan Nagari Panyalaian berbudaya yang berlandasan ABS SBK, juga meningkatkan ekonomi masyarakat dengan mengoptimalkan potensi yang ada, efektif dan efisien, meningkatkan pelayanan yang ramah dalam pelayanani masyarakat. 

Kami berharap kepada anggota Dewan yang hadir dengan keterbatasan kami sebagai Wali Nagari tentu tidak banyak yang bisa kami perbuat untuk membangun Magari, sesuai harapan Bapak Ibuk agar dapat terealisasi. 

"Masyarakat Nagari Panyalaian mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Daerah Bupati Eka Putra begitu besar perhatian terhadap kami, berbagai program sudah kami nikmati seperti Bajak Gratis, UHC masyarakat bisa berobat gratis dengan membawa KTP saja, Tanah Datar Sehat Merdeka Berobat," Kata Dedi. 

Penambahan kuota Pupuk bersubsidi, beberapa hari yang lalu juga telah memberikan satu unit Ambulance untuk Nagari Panyalaian, ini sangat bermanfaat sekali bagai kami di Nagari Panyalaian, ujar Dedi Sutani Dt. Rangkayo Putiah

Sementara itu di sambutannya
Camat X Koto Mohd Yahya SP, S.STP mengatakan, hari ini kita melaksanakan Musrenbang tentu telah dimulai dengan Musyawarah Jorong, Musnag Nagari atau pra Musrenbang sampai Musrenbang dalam penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Nagari tahun 2025 dan DU-RKP tahun 2026.

"Artinya proses perencanaan Pembangunan Nagari Panyalaian, seperti yang telah disampaikan Ketua Musrenbang maupun Wali Nagari tadi, itulah buah dari pemikiran kita masyarakat Nagari Panyalaian," Ujarnya. 

Tertompang harapan saya kepada pemerintah Nagari maupun kita yang hadir, hal-hal  diluar pemikiran kita mungkin kegiatan yang membebani Nagari bisa disampaikan dan di komunikasi kan dengan Bapak Ibuk semua, begitu juga kepada Bapak Dewan kami yang hadir karena kami yakin dan percaya 6 orang anggota Dewan kita pasti yang terbaik di Kecamatan X Koto, itu bukan hanya untuk satu Nagari tapi untuk Kecamatan X Koto. 

Tadi sudah disampaikan Wali Nagari terkait Pupuk bersubsidi alhamdulillah, ditahun 2024 kita Kabupaten Tanah Datar telah mendapatkan tambahan kuota Pupuk bersubsidi sebesar 12,145 ton, yang awalnya kuota Pupuk bersubsidi di Tanah Datar itu hanya 13,275 menjadi 22,420 ton. Jadi Pak Wali kalau ada kelompok tani tolong di sosialisasi kan, kata Camat X Koto (007-n) 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top