Progul Utama, Hendri Septa - Hidayat Optimalkan SK4 Atasi Tawuran

Padang - Maraknya Tawuran antar pelajar di Kota Padang membuat prihatin seluruh pihak dan lapisan masyarakat, tak terkecuali Hendri Septa dan Hidayat yang notabene pasangan calon Walikota Padang 2024-2029 itu.

Menanggapi hal tersebut, Guna mengantisipasi gangguan keamanan dan ketertiban warga Kota Padang, terutama dari aksi tawuran dan balapan liar. Duet maut tersebut mengaku akan memperkuat Tim Satuan Kerja Keamanan Ketertiban Kota atau yang dikenal dengan singkatan SK4.

Hendri Septa dan Hidayat menilai soal tawuran yang meresahkan warga kota, pasangan tersebut sudah membahasnya dan mereka berdua berkomitmen memasukkan program perioritas yang bisa dilaksanakan pada tahun pertama jika pasangan ini terpilih nantinya.

"Guna mengantisipasi tawuran dan balapan liar tidak terjadi lagi, kita mesti memperkuat keberadaan Tim Satuan Kerja Keamanan Ketertiban Kota (SK4). Yakni, tim yang terdiri dari gabungan Satpol PP, Kepolisian dan Tentara serta instansi terkait lainnya, termasuk komponen masyarakat, melalui peningkatan kualitas dan kuantitas operasi. Kerjasama yang baik dengan Forkopimda plus Kota Padang adalah suatu keharusan," kata Hendri Septa 

Pemikiran tentang peningkatan kualitasnya, misalnya dengan penambahan armada dan kelengkapan peralatan yang lebih modern. Sementara, dari sisi kuantitas, misalnya melalui penambahan jumlah personil dan jumlah patroli.

"Penguatan Tim SK4 ini, saya rasa cukup dengan Surat Keputusan Walikota. Tim ini tidak hanya untuk upaya penindakan saja, namun juga melakukan upaya pencegahan dan pembinaan kepada kelompok kelompok yang berpotensi menimbulkan ketidakamanan maupun ketidaktertiban bagi warga kota," pungkasnya beberapa waktu lalu.

Bisa kita bayangkan, nantinya akan ada armada Tim SK4, yang rutin melakukan patroli setiap hari di setiap kecamatan sesuai kebutuhan waktu dan peta daerah rawan ancaman keamanan dan ketertiban berdasarkan hasil kajian intelijen tim atau informasi yang didapatkan dari berbagai sumber.

"Kemudian, Tim SK4 datang ke lokasi rawan tersebut, melakukan upaya pencegahan dan pembinaan terlebih dahulu secara persuasif. Datangi anak anak atau adik adik kita tersebut, ajak dulu mereka berdialog dan berdiskusi. Jika masih bandel maka hukum wajib ditegakkan tanpa pandang bulu. Sebagai negara hukum, semua warga negara harus taat hukum. Bagi yang melanggar wajib diproses secara hukum yang berlaku," ucapnya.

Sementara itu Hidayat juga berharap, mewujudkan dan menjaga branding atau image Kota Padang sebagai Kota yang bersih, aman, nyaman dan tertib serta merindu, mesti terus digebyarkan dan terus diperkokoh dengan gerakan bersama komponen masyarakat.

Program ini sudah kami sepakati menjadi program unggulan pasangan Hendri Septa Hidayat yang bisa dilaksanakan pada tahun pertama bila warga kota Padang memberikan amanah kepada kami berdua sebagai Walikota dan Wakil Walikota 2024 ini. InsyaAllah," tukasnya.

Dikutip dari buku Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi karya Prof. Azyumardi Azra, M.A., M.Phil., Ph.D (2019: 92), menjelaskan pandangan Islam mengenai tawuran sangat tegas; tindakan semacam itu diharamkan karena membawa dampak negatif yang serius.

Al-Quran dan hadis secara jelas melarang tawuran, mengingatkan umat muslim untuk menjauhkan diri dari tindakan yang merugikan, merusak, dan menciptakan pertikaian yang tidak produktif di antara sesama.(*!*)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top